Home Nasional Tokoh Otomotif Nasional Soebronto Laras Meninggal Dunia

Tokoh Otomotif Nasional Soebronto Laras Meninggal Dunia

31
0

Tokoh otomotif nasional Soebronto Laras meninggal dunia pada Rabu malam (20/9/2023) pukul 20.00 di Rumah Sakit Medistra, Jakarta.

Soebronto Laras lahir pada 6 Oktober 1943. Sejak kecil dirinya memang akrab dengan mesin kendaraan yang kemudian membuatnya memilih jurusan teknik mesin di Paisley College di Skotlandia pada tahun 1969.

Selain tertarik pada mesin, Soebronto juga menekuni dunia bisnis, dan dengan bekal ilmu Diploma of Businee Administration di Hendon College, London tahun 1972 pria ini memasuki dunia bisnis otomotif Indonesia.

Karier pertamanya diawali sebagai Direktur PT First Chemical Industry, yang bergerak dalam bidang formika, alat-alat plastik, dan perakitan kalkulator.

Tahun 1976 Soebronto Laras bergabung dengan Indomobil Group dan menjadi Presiden Direktur Indomobil Utama. Nama Soebronto lekat dengan merek Suzuki. Maklum, pria inilah yang mempopulerkan merek Jepang tersebut di Indonesia.

Di tangan dingin Soebronto, nama Indomobil membesar dan menjadi salah satu pemain utama dalam industri otomotif di Indonesia. Selain Suzuki, Indomobil Group juga memasarkan merek-merek kendaraan terkenal lainnya seperti Audi, Kia, VW, Nissan, Jaguar, Land Rover, dan Citroen.

Soebronto terakhir juga menjabat sebagai Wakil Presiden Komisaris PT Jurnalindo Aksara Grafika (Bisnis Indonesia) dan Presiden Komisaris di beberapa perusahaan lainnya.

Selain bisnis, Soebronto Laras juga dikenal sebagai pembalap berprestasi dan pernah menjabat sebagai Ketua Umum IMI. Pada era 80-an, nama Soebronto Laras kerap disebut-sebut terutama karena kepiawaiannya di arena slalom.

Soebronto Laras juga termasuk pencinta olahraga bersepeda. Tiap akhir pekan, pria ini kerap bersepeda road bike keliling Jakarta.

Menurut rencana, almarhum Soebronto Laras akan dimakamkan di TPU Karet Bivak, (21/9/2023), pukul 13.00.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here