Home Nasional Tinjau Pembangunan Istana IKN Presiden Jokowi Pasang Bilah Garuda

Tinjau Pembangunan Istana IKN Presiden Jokowi Pasang Bilah Garuda

40
0

Dalam kunjungannya ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Presiden Jokowi meninjau progres pembangunan Istana Presiden. Menurutnya, pembangunan Istana Presiden di IKN masih sesuai dengan rencana dan target yang telah ditetapkan pemerintah.

“Saya lihat schedule dan target, saya kira masih dalam target,” ujar Presiden kepada awak media usai peninjauan di Kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat, (22/9/2023).

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa anggaran untuk pembangunan sejumlah infrastruktur dasar di IKN tidak mengalami kendala. “Khusus untuk istana, kementerian, untuk infrastruktur dasar tidak ada masalah,” ucap Presiden.

Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa pemerintah akan terus mendorong pembangunan sejumlah infrastruktur dari sektor swasta dan dunia usaha di Tanah Air. Mulai dari pembangunan universitas, rumah sakit, pusat perbelanjaan, hingga tempat makan.

“Semuanya akan kita dorong sehingga muncul sebuah crowd yang tentu keramaian itu yang akan memberikan kehidupan pada kota Nusantara,” tuturnya.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa lapangan Istana Presiden di IKN memiliki lahan dua kali lebih luas dari Istana di Jakarta. Bahkan, kapasitas lapangannya dapat menampung hingga 8 ribu orang untuk kegiatan upacara 17 Agustus mendatang.

Dalam kunjungan tersebut Presiden Jokowi secara simbolis memasang modul pertama Garuda yang akan menjadi ikon bangunan kantor presiden.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti menyebut bahwa sampai bulan September 2023, progres pembangunan kantor presiden sudah mencapai 38 persen. Saat ini, kantor presiden tersebut sudah memulai tahap pemasangan bilah Garuda.

“Progres kantor presiden yang ada di Ibu Kota Nusantara ini September ini sudah 38 persen, dan 38 persen ini kita sudah mulai memasang bilah-bilah,” ucapnya.

Lebih lanjut, Diana menargetkan pemasangan bilah Garuda dengan jumlah total 4.650 bilah tersebut dapat diselesaikan pada bulan Maret 2024.

“Mudah-mudahan nanti kita selesai di Maret, karena kita ada 465 modul di mana satu modulnya itu ada 10 sehingga kita mempunyai 4.650 bilah yang akan dipasang mulai hari ini,” jelasnya.

Setelah selesai, Garuda yang akan menjadi ikon bangunan tersebut akan memiliki bentangan sayap sepanjang 177 meter dengan tinggi 77 meter.

“Sayapnya itu dari ujung ke ujung panjangnya itu 177 meter, kalau dari lengkungannya itu sekitar 239 meter, dan tingginya 77 meter,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here