Home Nasional Pusat Pelatihan Nasional PSSI Dibangun di IKN Terbesar di Asia Tenggara

Pusat Pelatihan Nasional PSSI Dibangun di IKN Terbesar di Asia Tenggara

11
0

Presiden Jokowi melakukan peletakan batu pertama Pusat Pelatihan Nasional Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat, (22/9/2023).

Dalam sambutannya Jokowi meyakini dengan hadirnya pusat pelatihan ini serta didukung manajemen yang baik serta sarana dan prasarana memadai akan membuat timnas Garuda mendunia.

“Saya yakin, saya optimistis akan mampu membawa dan menyaksikan Garuda kita, timnas kita tidak hanya juara di Asia Tenggara tetapi akan segera mendunia,” ucap Presiden.

Kepala Negara menuturkan bahwa pembangunan pusat pelatihan tersebut terintegrasi dengan pembangunan IKN. Pusat Pelatihan Nasional ini dibangun di atas lahan seluas 34,5 hektare yang dilengkapi delapan lapangan serta fasilitas pendukung lainnya.

“Tempat ini juga tidak hanya sebagai pusat pelatihan tetapi juga pusat inovasi pengembangan sepak bola Indonesia dan memfasilitasi riset serta pengujian teknologi terbaru dalam olahraga sepak bola,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya kepada Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) dan pemerintah atas dukungannya kepada PSSI.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada FIFA atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan dengan memberikan pendanaan FIFA Forward yang terbesar di Asia Tenggara sebesar tadi juga disampaikan Rp85,6 miliar kepada PSSI Indonesia,” ujar Presiden.

“Dukungan pemerintah juga tidak kecil yaitu sebesar Rp95 miliar yang sudah disetujui oleh Menteri Keuangan, nanti kalau kurang ditambahi lagi,” tuturnya.

Direktur Regional Asia Oceania FIFA Sanjeevan C Balasingam menyebut bahwa bantuan pendanaan yang diberikan oleh FIFA menjadi bentuk dukungan FIFA kepada anggotanya, termasuk PSSI.

“Dengan pendanaan ini, PSSI menggunakannya untuk mengembangkan pusat pelatihan nasional, dan ini merupakan cara FIFA memberikan dukungan kepada anggotanya, termasuk PSSI,” katanya.

Sanjeevan juga menyampaikan bahwa FIFA ingin menjadikan pusat pelatihan yang berada di IKN ini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dan menjadikan sepak bola Indonesia menjadi “Gold Standard” untuk negara lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here