Home Daerah Petakan Daerah-daerah Terluar RI agar Terjamin Kesejahteraannya, Mensos Risma: Pastikan Negara Hadir

Petakan Daerah-daerah Terluar RI agar Terjamin Kesejahteraannya, Mensos Risma: Pastikan Negara Hadir

19
0

Dalam kunjungannya ke kepulauan Mapia di Kabupaten Supiori, Provinsi Papua, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan pihaknya tengah memetakan daerah-daerah terluar di Indonesia.

Risma ingin memastikan semua wilayah tersebut bisa dijamin oleh negara kesejahteraannya.

“Sebetulnya ini bukan hanya soal kesejahteraan, ini adalah kepastian dari kehadiran negara sama untuk keamanan negara, saya cenderung ke situ sebenarnya, karena itu berangkatnya dari perut. Jadi kemarin kita sudah mapping, kita lihat daerah-daerah terutama yang terluar, itu kita akan coba tangani real, gitu,” kata Risma di KRI dr Wahidin Sudirohusodo, Biak, Papua, Senin (11/9/2023).

Mensos beserta rombongannya, beserta TNI AL hingga stakeholder lainnya yang terkait sedang menuju Pulau Mapia. Pulau ini nantinya akan diberikan sejumlah bantuan karena dikatakan masih sulit listrik hingga air.

“Nah yang berikutnya juga saya ngomong keamanan dan nggak bisa kemudian kita tidak bisa bicara soal keamanan, daerah-daerah luar terutama. Itu adalah bagian dari kesatuan untuk ya tadi bukan hanya sebagai hadir, tapi juga untuk keamanan, itu menurut saya jauh lebih penting,” katanya.

“Karena begitu mereka misalkan kesulitan secara ekonomi, pasti kemudian tawaran-tawaran untuk yang saya nggak tahu saya tidak berani ngomong itu, itu menjadi tinggi pasti,” katanya.

“Makanya saya coba tangani daerah-daerah yang seperti itu, memang berat, tapi saya bersyukur,” sambungnya.

Sebelumnya, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini bakal memberikan sejumlah bantuan ke warga di Pulau Mapia, Papua. Adapun pulau ini merupakan salah satu pulau terpencil dengan penduduk sekitar 340 orang.

“Nah kemudian Pak Carlos ini Danlanal di sini itu menyampaikan soal bagaimana Pulau Mapia ini, nah kemudian saya kontak Pak Panglima, Pak Panglima saya mau ke sana tapi saya nggak tahu naik apa. ‘Udah bu, saya siapin, kita disiapin. Nah saya gandeng dengan TNI,” katanya di Bandara Frans Kaisiepo, Biak, Papua, Kamis (11/9/2023).

Risma menyebut pihaknya akan memberikan bantuan dari bahan pangan hingga pemberdayaan seperti edukasi bertanam. Lalu Kemensos akan memberikan beberapa peralatan sekolah.

“Bantuan kemudian sembako, kursi udah, peralatan anak anak sekolah untuk peralatan sekolah, kemudian juga obat-obaan kita bawa,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here