Home Ekonomi Meski Berganti Presiden, Pembangunan IKN Tetap Berlanjut

Meski Berganti Presiden, Pembangunan IKN Tetap Berlanjut

34
0

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi IKN, Agung Wicaksono mengungkapkan bahwa regulasi terkait Ibu Kota Nusantara (IKN) sangat kuat dan telah dirumuskan dalam sebuah Undang-Undang (UU).

Sehingga investor tidak perlu takut maupun khawatir dengan adanya potensi perubahan regulasi terkait IKN di masa yang akan datang.

“IKN ini bukan hanya keputusan seorang presiden. Sejarahnya dari pada zaman Presiden Soekarno sudah punya visi memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan, Presiden Soeharto juga punya rencana kepindahan, SBY memulai diskusi bagaimana pembangunan itu lebih merata dan, Presiden Jokowi yang memutuskan,” ungkapnya kepada awak media di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (3/9/2023).

Agung mengatakan selain adanya proses sejarah dari IKN, di dalam rencana perpindahan tersebut terdapat undang-undang yang turut mengatur dan mengikatnya sehingga tidak bisa asal diberhentikan begitu saja. Oleh karena, Agung pun menuturkan bahwa para investor maupun calon investor tidak perlu khawatir akan hal tersebut.

“Kedua poinnya adalah undang-undang bukan presiden saja dan undang-undang itu didukung sangat kuat di parlemen. Ini enggak bisa diubah hanya oleh presiden karena ada undang-undang harus diubah. Hal tersebut bukanlah perkara yang mudah,” terangnya.

Lebih lanjut, Agung menambahkan jika melihat dari ketiga kandidat calon presiden di Pemilu 2024 mendatang, pemerintah optimis bahwa ketiganya mendukung dan memiliki respons positif akan IKN.

“Dari 3 calon presiden yang ada kami melihat dari media statement-nya semuanya mendukung dan tidak menolak. Soalnya ini bagus, kalau ini bagus akan dijalankan itu kuncinya,” tambahnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here