Home Nasional Kinerja Positif dan Dekat dengan Nahdliyin, Erick Thohir Layak Jadi Cawapres

Kinerja Positif dan Dekat dengan Nahdliyin, Erick Thohir Layak Jadi Cawapres

12
0

Daya pikat Erick Thohir dalam kontestasi calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024 nanti tidak bisa diabaikan begitu saja.

Bagaimanapun juga pesona Ketua Umum PSSI ini membuat banyak orang mengenalnya sebagai pribadi yang memiliki perhatian pada kepentingan masyarakat luas.

Selain kinerja positif Erick Thohir dalam memimpin BUMN, dimana Kementerian BUMN yang dipimpinnya menghasilkan laba terbesar dalam sejarah BUMN, juga keterlibatan Erick Thohir dengan kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

Erick Thohir merupakan Anggota Kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang dipercaya mengemban amanah sebagai Ketua Steering Committee (SC) Panitia Satu Abad NU beberapa waktu lalu yang sukses dilaksanakan.

Erick Thohir jugalah yang berperan besar mendorong kemajuan NU. Salah satunya dengan mendirikan 250 Badan Usaha Milik Nahdlatul Ulama (BUMNU) untuk membantu meningkatkan perekonomian di lingkungan pondok pesantren.

Jadi tidak heran jika nama Erick Thohir mendapatkan tempat tertinggi dalam simulasi cawapres. Mengacu pada hasil survei Voxpol Center periode 24 Juli hingga 2 Agustus 2023 elektabilitas Erick Thohir sebesar 34,4 persen pada simulasi tiga nama cawapres.

Pada survei Voxpol tersebut disebutkan mayoritas responden dalam survei mempunyai latar belakang sebagai warga Nahdlatul Ulama. Tercatat sebanyak 35,3% responden survei merupakan warga nahdliyin.

Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah Malang Salahudin mengatakan, banyak tokoh nahdliyin yang turut memberikan dukungan penuh pada Erick Thohir.

“Tokoh-tokoh berpengaruh di NU ini memiliki kedekatan dan kepercayaan kepada Erick Thohir yang menjadi harapan warga nahdliyin,” kata Salahudin, dikutip Sindonews, Rabu (27/09/2023).

Dukungan besar NU kepada Erick Thohir, lanjut dia, diberikan tidak terlepas dari kontribusi besarnya. Kinerja hebat yang dihadirkan Erick Thohir mampu memikat masyarakat khususnya para nahdliyin.

“Kedekatan Erick Thohir juga pada kelompok NU khususnya Banser ini bisa menjadi kelebihan,” kata Direktur Eksekutif Ethical Politics Hasyibulloh Mulyawan, Kamis (28/9/2023).

“Nama Erick Thohir di posisi teratas sebagai cawapres karena mempunyai basis dukungan dari warga NU,” tambahnya.

Keunggulan elektabilitas Erick Thohir tersebut semakin membuatnya layak untuk diusung sebagai cawapres. Hal yang mestinya dapat dimanfaatkan sebagai kekuatan dalam memperbesar kemenangan pada Pilpres mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here