Home Nasional Jokowi Sampaikan Pesan Khusus ke Ganjar Pranowo di Rakernas IV PDIP

Jokowi Sampaikan Pesan Khusus ke Ganjar Pranowo di Rakernas IV PDIP

24
0

Presiden Jokowi menyampaikan “pesan” kepada calon presiden (capres) Ganjar Pranowo saat memberikan sambutannya di acara Rakernas IV PDIP di Jakarta, (29/9/2023).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan agar Ganjar Pranowo fokus dalam membangun kedaulatan pangan. Jokowi mengutip pernyataan Bung Karno yang menyebutkan pangan merupakan mati hidupnya suatu bangsa.

“Tadi saya bisik-bisik ke beliau. Pak, nanti habis dilantik besoknya langsung masuk ke kedaulatan pangan, nggak usah lama-lama,” ucap Jokowi

“Perencanaannya disiapkan sekarang, begitu dilantik besok langsung masuk ke kerja kedaulatan pangan. Sehingga swasembada pangan, ketahanan pangan, kedaulatan pangan betul-betul kita miliki,” lanjutnya.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menggambarkan kondisi dunia yang saat ini mengalami berbagai permasalahan mulai dari konflik perang, perubahan iklim, dan kesulitan pangan.

Jokowi menyebutkan banyak negara yang menahan ekspor pangan ke negara lain. Sektor pangan menjadi hal penting. “Pangan menjadi kunci,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyebutkan agar memiliki visi dan misi taktis untuk menjawab semua tantangan tersebut.

“5 tahun, 10 tahun ke depan visi taktis itu harus kita miliki, bukan visi dan misi yang terlalu bagus di awang-awang. Tapi visi taktis, rencana kerja detail harus kita miliki. Dan saya yakin Pak Ganjar mampu menyelesaikan ini,” ujar Jokowi di hadapan peserta Rakernas IV PDIP.

Dengan rencana kerja yang detail, menurut Presiden, bisa disiapkan segala kebutuhan dengan sebaik-baiknya.

“Kita akan dapat mengetahui berapa waduk yang harus kita siapkan, berapa embung yang harus kita siapkan, berapa kilometer irigasi yang kita siapkan, dan kapan bisa kita selesaikan. Rencana detail itu ada,” ujar Jokowi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here