Home Nasional Gemuruh Jet Tempur F-16 TNI AU dan F-35 RAAF Mengoyak Langit Manado

Gemuruh Jet Tempur F-16 TNI AU dan F-35 RAAF Mengoyak Langit Manado

40
0

Latihan Bersama (Latma) Elang Ausindo 2023 dilakukan dengan penuh intensitas tinggi di langit Manado. Peserta latihan melaksanakan dua aspek penting dalam operasi militer udara, yaitu misi Defensive Counter Air (DCA) dan misi Offensive Counter Ait (OCA).

Peserta juga melakukan latihan misi pengisian bahan bakar di udara untuk menambah waktu operasi udara. Kegiatan tersebut dilakukan pada Senin, (25/9/2023), di Manado, Sulawesi Utara.

Dalam latihan misi DCA atau Lawan Udara Defensif, dibuat skenario dua pesawat F-16 TNI AU dan dua pesawat F-35 RAAF bergabung dalam tim biru.

Mereka mengambil peran dalam pertahanan wilayah udara terhadap potensi ancaman musuh. Latihan ini menguji koordinasi dan kesiapan tim dalam menjaga kedaulatan udara.

Di sisi lain, tim merah dalam latihan misi OCA atau Lawan Udara Ofensif juga terdiri dari dua pesawat F-16 TNI AU dan dua pesawat F-35 RAAF.

Mereka berfokus pada taktik serangan udara ofensif untuk menghancurkan kemampuan udara musuh dan memitigasi ancaman potensial terhadap wilayah yang mereka akan serang.

Setelah selesai melaksanakan latihan DAC dan OAC, seluruh pesawat melanjutkan dengan latihan Air to Air Refueling atau Pengisian bahan bakar di udara, yang dilakukan dengan menggunakan pesawat KC-30 dari 33SQN RAAF.

Latihan ini memerlukan koordinasi yang ketat dan keterampilan yang sangat baik untuk berhasil, dan merupakan bagian penting dalam memperpanjang jangkauan operasional pesawat tempur.

Latma Elang Ausindo 2023 menjadi bukti nyata dari kerja sama militer yang erat antara Indonesia (TNI AU) dan Australia (RAAF) dalam menjaga keamanan dan stabilitas di kawasan.

Latihan ini memungkinkan kedua negara untuk meningkatkan interoperabilitas dan kesiapan militer mereka dalam menghadapi berbagai tantangan keamanan modern.

Latihan ini diharapkan akan memberikan pengalaman berharga bagi personel militer dari kedua negara dan berkontribusi pada pemeliharaan perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia-Pasifik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here