Home Ekonomi Bazar UMKM PLN Catat Rekor Transaksi Lebih dari Rp2,3 Miliar

Bazar UMKM PLN Catat Rekor Transaksi Lebih dari Rp2,3 Miliar

21
0

Bazar bulanan yang diinisiasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang kali ini berkolaborasi dengan PT PLN (Persero) dan Perum Peruri mendapat sambutan hangat masyarakat.

Pada bazar UMKM edisi September ini mencatatkan jumlah rekor transaksi terbesar yaitu lebih dari Rp2,3 miliar dengan 1.387 transaksi, (23/9/2023).

Kategori makanan dan minuman menjadi kategori dengan jumlah order tertinggi yaitu mencapai 783 transaksi. Sementara kategori kecantikan dan kebugaran menjadi kategori dengan nilai transaksi tertinggi yaitu lebih dari Rp624 juta.

Bazar kali ini diikuti total sebanyak 270 UMKM. Dengan rincian sebanyak 48 UMKM bergerak di bidang fesyen, 15 UMKM bidang kecantikan dan kebugaran, 41 UMKM bidang kriya, 91 UMKM bidang kuliner, 75 UMKM bidang barang dan jasa.

Dari total UMKM yang ikut serta, sebanyak 161 UMKM hadir secara langsung di pusat perbelanjaan Sarinah, dan 109 UMKM lainnya melalui platform PaDi UMKM yang dapat diunduh lewat Appstore maupun Playstore.

“Antusiasme masyarakat luar biasa. Produk yang dijual banyak yang laku terjual. Ini menunjukkan Bazar UMKM untuk Indonesia edisi September ini dapat menjadi wadah untuk mempertemukan UMKM Indonesia dengan masyarakat sebagai pembeli,” ucap Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo

Menurut Darmawan, ini juga tidak lepas dari transformasi pengelolaan UMKM yang dilakukan PLN. Dulu pengelolaan UMKM di PLN belum terorganisir.

Pada tahun 2023 ini, PLN telah membentuk struktur pengelolaan dan pembinaan UMKM yang terintegrasi mulai dari seleksi, kurasi, pelatihan, bantuan alat produksi, hingga pemasaran melalui Rumah BUMN.

“Dari total UMKM yang ikut, 140 UMKM di antaranya merupakan mitra binaan PLN. Kami lakukan pendampingan kepada mereka agar produk mereka semakin bagus dan diminati oleh pasar. Salah satu hasilnya bisa kita lihat dalam gelaran ini,” ucap Darmawan.

Dirinya menambahkan, penyelenggaraan Bazar UMKM untuk Indonesia ini juga menjadi komitmen PLN untuk terus memberikan dukungan bagi masyarakat dan pelaku UMKM lokal untuk bisa mandiri secara ekonomi.

“Ke depan, PLN akan terus memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan memperluas pasar,” ujar Darmawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here