Home Nasional KPK Geledah Kantor Kemenaker Gedung A Ruang Unit Pekerja Migran

KPK Geledah Kantor Kemenaker Gedung A Ruang Unit Pekerja Migran

34
0

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) di Jalan Gatot Subroto Kav 51, Jakarta Selatan, Jumat (18/8).

Salah satu Ruangan yang digeledah yakni di area Gedung A.

Selain kantor Kemenaker, tim penyidik KPK juga menggeledah salah satu rumah di Perum Taman Kota Blok B2 Nomor 9, Bekasi.

KPK belum menjelaskan penggeledahan ini terkait kasus apa.

Penggeledahan tersebut terkait penyidikan kasus korupsi pengadaan sistem proteksi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

KPK dikabarkan sudah menetapkan tersangka dalam kasus ini. Salah satunya Sekretaris Badan Perencanaan dan Pengembangan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) I Nyoman Darmanta.

Kaitan pengadaan sistem proteksi TKI,” kata seorang sumber, Jumat (18/8/2023).

Salah satu ruangan yang digeledah adalah Sekretaris Badan Perencanaan dan Pengembangan (Barenbang) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) I Nyoman Darmanta.

Namun demikian, sampai saat ini KPK belum merilis secara resmi penyidikan perkara dimaksud.

Untuk diketahui, upaya paksa penggeledahan hanya bisa dilakukan ketika suatu perkara sudah naik ke tahap penyidikan dan terdapat pihak yang ditetapkan sebagai tersangka.

Saat dikonfirmasi terkait hal ini, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata hanya mengatakan pemanggilan saksi, penggeledahan, maupun penyitaan barang bukti merupakan urusan tim penyidik.

“Pimpinan tidak terlibat dalam ketiga kegiatan yang dilakukan penyidik tersebut,” tutur Alex.

Sementara itu Kabiro Humas Kemnaker Chairul Fadhly Harahap angkat bicara soal penggeledahan oleh penyidik KPK di Kemenaker, Jumat (18/8/2023).

Chairul menjelaskan ruangan yang dituju penyidik adalah ruangan di Unit Pekerja Migran Indonesia (PMI). “Hari ini saya mau informasikan saya memang Kemenaker hari ini kedatangan dari temen-temen KPK, tepatnya di siang menuju sore tadi,” kata Kabiro Humas Kemnaker Chairul Fadhly Harahap.

Chairul menjelaskan pada prinsipnya KPK datang ke salah satu unit di Kemenaker yang membidangi Pekerjaan Migran Indonesia.

“Kalau dulu kita kenal direktoratnya PPTKLN (unit Direktorat Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri),” jelasnya. Total sekitar 2 jam penyidik geledah kantor tersebut. “Secara persis tidak tahu ya lebih kurang 1 atau 2 jam.

Karena kita tidak menemuinya. Kalo di Kemenaker ini di gedung Kemenaker 51 Gedung A lantai 4,” ujarnya. Meski begitu Chairul tak menjelaskan banyak terkait spesifik kasus yang tengah diusut KPK berkaitan dengan unit Direktorat Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri.

“Namun saya dengar ini sepertinya beberapa tahun lalu, untuk masalah detilnya nanti kita tunggu. Karena ini proses masih berjalan, tentunya kita menghormati sekaligus nengikuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Chairul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here