Home Daerah Usai Diguncang Gempa Bumi PLN Pulihkan Sistem Kelistrikan Kurang dari 8 Jam

Usai Diguncang Gempa Bumi PLN Pulihkan Sistem Kelistrikan Kurang dari 8 Jam

26
0

Pasca gempa bumi yang mengguncang Yogyakarta, khususnya di daerah yang berada di sekitar episetrum gempa di Bantul, PT PLN (Persero) bereaksi cepat memulihkan sistem kelistrikan dan membantu pemulihan masyarakat yang terdampak gempa.

Pada 1 Juli pukul 03.40 WIB, aliran listrik pada lebih dari 34 ribu pelanggan terdampak gempa di pantai selatan Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur telah kembali menyala setelah padam kurang dari 8 jam.

Selain kembali mengaliri listrik ke pelanggan, PLN melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli dan Yayasan Baitul Maal (YBM) memberikan bantuan berupa renovasi untuk delapan rumah dan 250 paket sembako bagi warga terdampak.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangan resminya menjelaskan bahwa prioritas pertama PLN adalah melakukan pengamanan aset kelistrikan agar tidak membahayakan warga.

Lalu dengan cepat petugas akan melakukan penormalan jaringan listrik dan membantu dalam bentuk renovasi rumah dan paket sembako.

“Saat ini, fokus kami adalah mengamankan jaringan kelistrikan untuk menjaga keselamatan warga. Kami juga bersinergi dengan Pemerintah Provinsi DIY, TNI-Polri serta stakeholder terkait untuk memberikan bantuan pada warga yang terdampak bencana,” ujar Darmawan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi mengatakan bahwa gangguan kelistrikan parah hanya terjadi di wilayah Kebumen.

Sementara itu, wilayah Kabupaten Bantul tidak ada gangguan masif dari sisi kelistrikan Jaringan Tegangan Menengah (JTM), namun memang banyak warga yang mengalami kerusakan pada bangunan rumahnya.

“Dengan cepat petugas PLN melakukan penormalan jaringan listrik dan menyalurkan bantuan dalam bentuk renovasi rumah dan paket sembako,” ujar Soffin.

Soffin menambahkan, berkat teknologi remote SCADA jaringan listrik tegangan menengah telah normal kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here