Home Nasional Inchcape dan GWM Jalin Kemitraan Strategis Global dan Distribusi untuk Industri Otomotif...

Inchcape dan GWM Jalin Kemitraan Strategis Global dan Distribusi untuk Industri Otomotif Indonesia

20
0

Industri otomotif dunia terus berkembang pesat. Berbagai strategi bisnis dalam mengembangkan industri tersebut terus dilakukan. Termasuk juga di Indonesia yang memiliki potensi besar dalam otomotif.

Inchcape Plc distributor otomotif global yang berbasis di Inggrid mengumumkan kemitraan strategis global dengan Great Wall Motor Company Limited (GWM), sebuah perusahaan mobil Cina.

Dalam kemitraan ini, Inchcape dan GWM akan mengembangkan area baru dalam kolaborasi stategis untuk mendistribusikan kendaraan GWM di pasar yang telah dijajaki oleh Inchcape. Pasar pertama yang dilirk yaitu Indonesia, di mana Inchcape dan GWM telah menandatangani Perjanjian Distribusi.

Dengan adanya perjanjian ini, Inchcape akan memberikan GWM kapabilitas distribusi yang unggul dan ini merupakan pasar pertama di mana Inchcape akan memasarkan sebuah merek yang utamanya menawarkan kendaraan energi baru.

Termasuk dalam bagian Perjanjian Distribusi di Indonesia adalah memasarkan kendaraan merek GWM yang mencakup Haval, Ora dan Tank.

Inchcape akan menjalankan distibusi ini melalui sebuah usaha patungan (joint-venture) dengan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (Indomobil). Dalam usaha patungan ini, Inchcape memegang 70% saham dan Indomobil memegang 30% saham.

Salah satu fokus yang akan digarap Inchcape dan GWM adalah menargetkan peningkatkan distribusi dan pengalaman pelanggan serta mengembangkan area kolaborasi baru termasuk pada area mobil bekas dan pembiayaan mobil.

GWM memang dikenal sebagai produsen kendaraan listrik baterai (Battery Electric Vehicle) dan hybrid. Sementara Inchcape memiliki rekam jejak yang kuat untuk produk-produk OEM, serta kemampuannya yang terdepan di industri pelayanan data, digital, dan teknologi.

Clyde Cheng, Presiden Great Wall Motor ASEAN, berkomentar, “Sebagai salah satu pasar otomotif terbesar di kawasan ini, Indonesia memegang peran penting dalam strategi GWM di ASEAN. Kami sangat antusias untuk menjalin kemitraan dengan Inchcape, bergandengan tangan untuk menjangkau pasar Indonesia.”

Sementara Ruslan Kinebas, CEO Inchcape Asia-Pasifik menyambut antusias kemitraan strategis global Inchcape dengan GWM, serta perluasan jejak di Indonesia dalam usaha patungan dengan Indomobil untuk mendistribusikan kendaraan energi baru GWM.

Jusak Kertowidjojo, Direktur Utama Indomobil juga menyampaikan, “Kami sangat bersemangat atas kemitraan dengan mitra strategis kami, Inchcape, untuk menghadirkan kendaraan energi baru GWM di Indonesia.”

“GWM memiliki portofolio kendaraan listrik yang baik, yang akan mendukung inisiatif pemerintah Indonesia untuk mendorong populasi kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Jusak.

“Keahlian kami di industri otomotif lokal akan memberikan dampak positif pada distribusi dan pengenalan kendaraan energi baru GWM di Indonesia,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here