Home Nasional Hadapi Tahun Politik, Kepala Satpol PP Ikuti Pendidikan dan Pelatihan Teknis

Hadapi Tahun Politik, Kepala Satpol PP Ikuti Pendidikan dan Pelatihan Teknis

34
0

Menjelang Pemilu 2024 situasi dan kondisi masyarakat sangat rentan dengan gangguan terutama yang berkaitan dengan ketentraman dan ketertiban umum.

Menyikapi hal tersebut Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Pendidikan dan Pelatihan Teknis bagi kepala atau pimpinan tinggi di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Program ini berlangsung dari tanggal 12-14 Juli 2023 di Kantor BPSDM Kemendagri.

Diklat ini digelar untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan para pimpinan Satpol PP dalam menjaga ketenteraman dan ketertiban umum serta pelindungan masyarakat, terutama menjelang Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

Kegiatan ini difokuskan pada pemberian pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan bagi para pimpinan di Satpol PP agar lebih efektif dalam menangani gangguan ketenteraman dan ketertiban umum (trantibum), serta penegakan Perda/Perkada selama proses Pemilu dan Pilkada Serentak berlangsung.

Para peserta mendapatkan pembekalan termasuk pengendalian kerumunan, penyelesaian konflik, protokol keamanan pemilu, dan prosedur tanggap darurat.

Inisiatif pelatihan ini sejalan dengan komitmen BPSDM Kemendagri dalam mendorong profesionalisme dan kompetensi seluruh anggota Satpol PP se-Indonesia.

Melalui pelatihan teknis ini, BPSDM Kemendagri hendak memastikan bahwa Satpol PP siap menghadapi segala tantangan yang mungkin timbul selama proses Pemilu dan Pilkada 2024.

Selain itu juga untuk menjaga integritas Satpol PP dan mengendalikan potensi gangguan trantibum selama masa tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak.

BPSDM Kemendagri menghadirkan narasumber yang kompeten dan berpengalaman di berbagai bidang terkait. Hal ini termasuk dalam bidang penegakan hukum, administrasi publik, dan manajemen keadaan darurat.

Kurikulum komprehensif telah dirancang dengan memasukkan skenario praktis dan studi kasus untuk meningkatkan pengalaman belajar dan keterampilan praktis peserta. Dengan diklat ini para peserta diharapkan mampu meningkatkan kemampuannya menjadi lebih profesional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here