Home Nasional Satu Juta Orang Berobat ke Luar Negeri, Rp170 Triliun Devisa Negara Hilang

Satu Juta Orang Berobat ke Luar Negeri, Rp170 Triliun Devisa Negara Hilang

32
0

Banyaknya warga Indonesia yang berobat ke luar negeri menjadi hal yang lumrah lantaran layanan kesehatan di negara tujuan pasien dinilai lebih baik dan lengkap dibanding rumah sakit di Indonesia.

Kenyataan tersebut ternyata cukup mengganggu pikiran Presiden Jokowi. Menurut Jokowi, hampir satu juta orang Indonesia pergi berobat ke luar negeri setiap tahunnya yang berimbas pada hilangnya devisa negara.

“Kita kehilangan devisa karena bayarnya ke luar negeri, kehilangan devisa 11,5 miliar US dollar, Rp170 triliun hilang gara-gara berobat ke luar negeri,” ujar Jokowi saat meresmikan RS Tzu Chi Hospital, (14/6/2023).

Lebih lanjut, Jokowi menegaskan bahwa kualitas dokter-dokter di Indonesia tidak kalah baik dengan dokter di luar negeri. Namun, harus diakui bahwa dari sisi peralatan, rumah sakit di luar negeri masih lebih baik.

Presiden Jokowi kemudian memerinci masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri itu 60 persennya berasal dari Jakarta, 15 persen dari Surabaya, dan sisanya dari kota-kota lain seperti Medan dan Batam.

Dari jumlah tersebut, menurut Jokowi, yang paling banyak dicari yaitu pengobatan kanker atau onkologi, ortopedi, gigi, hingga bedah kecantikan.

“Onkologi, kanker, ini ke luar negeri karena di sini dianggap mungkin peralatannya kurang baik. Ortopedi, ini tulang, sendi, otot. Gigi, urusan gigi saja ke luar negeri, dan ini ibu-ibu yang paling banyak, kecantikan dan bedah estetika, berarti ini operasi plastik banyak yang ke luar negeri,” jelas Jokowi.

Jokowi sangat mengapresiasi didirikannya Rumah Sakit Tzu Chi Hospital yang berada di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta, yang dinilainya memiliki peralatan yang modern dan canggih.

Kehadiran rumah sakit canggih dan modern, lanjut Presiden, diharapkan dapat mengurangi jumlah masyarakat Indonesia yang berobat ke luar negeri.

Pada bulan Maret lalu, Jokowi juga meresmikan Mayapada Hospital Bandung yang dinilai memiliki peralatan dan layanan kesehatan yang prima di wilayah Jawa Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here