Home Nasional PPD dan Damri Resmi Bergabung, Siapkan Layanan Mobilitas Hingga ke Pelosok

PPD dan Damri Resmi Bergabung, Siapkan Layanan Mobilitas Hingga ke Pelosok

30
0

Perum PPD secara resmi bergabung dengan Perum Damri berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2023 tanggal 6 Juni 2023 tentang Penggabungan Perum PPD ke Dalam Perum Damri oleh Presiden Republik Indonesia.

Dengan adanya penggabungan tersebut maka Perum Damri resmi menjadi satu-satunya Perusahaan Umum Berbasis Jalan Milik Negara (PUBJMN).

Rencana penggabungan ini merupakan prakarsa Menteri BUMN Erick Thohir guna penguatan kinerja perusahaan sehingga memperkuat daya jangkau dan memperluas jaringan dalam meningkatkan konektivitas transportasi nasional.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penggabungan tersebut.

“Penggabungan ini merupakan inisiatif Kementerian BUMN sebagai upaya penguatan untuk meningkatkan aksesibilitas terhadap mobilitas masyarakat dan konektivitas nasional yang sekaligus menciptakan nilai tambah (value creation) dan sustainability bagi perusahaan BUMN,” kata Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo pada Perayaan Penggabungan Perum PPD ke dalam Perum Damri di Jakarta, (19/6/2023).

Wamen BUMN menambahkan, pencapaian ini menjadi salah satu milestone penting dan bersejarah bagi pengelolaan BUMN transportasi jalan.

Diharapkan setelah penggabungan ini Perum Damri dapat bekerja secara lebih efisien dan produktif, baik dalam menjalankan bisnisnya secara komersial.

Maupun dalam melaksanakan fungsinya sebagai kepanjangan tangan Pemerintah dalam memberikan layanan mobilitas masyarakat di daerah 3 TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan).

Hal tersebut tentunya untuk menjaga milestone pencapaian value creation yang telah menjadi target pasca-penggabungan ini.

Direktur Utama Perum Damri Setia N. Milatia Moemin menyampaikan dengan bergabungnya Perum PPD ke dalam Perum Damri, maka tujuan besar Pemerintah untuk dapat meningkatkan konektivitas nasional dapat terwujud.

Khususnya untuk mendukung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi nasional, meningkatkan dan mengembangkan kapasitas penyelenggara jasa transportasi jalan yang berkelanjutan, serta menyediakan layanan transportasi yang terstandarisasi guna meningkatkan kepuasan bagi pelanggan.

“Terwujudnya penggabungan PPD-Damri berdasarkan PP Nomor 30 ini semoga dapat memberikan manfaat yang besar bagi perekonomian di Tanah Air,” kata Setia.

“Serta memberikan optimisme kepada masyarakat Indonesia, bahwa transportasi nasional akan terus tumbuh dan pada akhirnya dapat bersaing di pasar domestik dan global,” ujar Setia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here