Home Daerah Polres Kota Cimahi dan DAM Gelar Kompetisi Safety Riding bagi Pelajar

Polres Kota Cimahi dan DAM Gelar Kompetisi Safety Riding bagi Pelajar

53
0

Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-77, Polres Kota Cimahi menggelar kegiatan lomba Safety Riding yang berkolaborasi dengan PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku main dealer sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat.

Kompetisi Safety Riding ini diselenggarakan di Safety Riding Center Honda Jawa Barat yang berlokasi di Jl Raya Cibeureum No. 45A Kota Cimahi, Bandung, Jawa Barat.

Kegiatan bertajuk “Kompetisi Safety Riding Kapolres Cimahi 2023” ini diikuti 60 peserta yang terdiri dari perwakilan siswa-siswi SMA dan SMK yang ada di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat.

Kompetisi ini dilaksanakan dengan mengukur beberapa hal yaitu Pengetahuan Berkendara dan Teknik Dasar Berkendara. Adapun beberapa poin yang dinilai mulai dari sesi teori, praktek teknik menikung, keseimbangan, hingga pengereman.

Di sesi teori diambil 40 orang peserta untuk masuk ke tahap penilaian praktek skill berkendara.

Pada sesi penilaian praktek ada tiga sesi penilaian diantaranya Praktek menikung (Slalom Course) bertujuan untuk menguji kompetensi keterampilan pengendaraan dan pengendalian setang kemudi dengan posisi berkendara yang benar.

Kemudian praktek keseimbangan (Narrow Plank) untuk menguji keterampilan menjaga keseimbangan dengan kecepatan yang ekstra pelan dengan tetap menjaga postur berkendara yang benar.

Sementara praktek pengereman (Braking) untuk menguji keterampilan untuk menghentikan kendaraan dengan cara yang stabil dalam jarak pendek dan postur tubuh yang benar.

Kompetisi Safety Riding Kapolres Cimahi 2023 akan menghasilkan tiga juara terbaik dan mendapatkan apresiasi dari Polres Kota Cimahi.

Kapolres Cimahi AKBP, Aldi Subartono mengatakan, Safety Riding ini sebagai upaya revolusi mental dalam menciptakan generasi muda yang disiplin, berbudaya tertib, tegas dan bertanggung jawab.

Para peserta safety riding diharapkan bisa menjadi Agent of Change sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas dan memberikan motivasi kepada kita semua dalam membudayakan keselamatan sebagai suatu kebutuhan.

“Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada PT DAM atas dukungan dalam pelaksanaan Kompetisi Safety Riding Kapolres Cimahi. Kolaborasi antara Polres Kota Cimahi bersama DAM telah memperkuat upaya kami dalam meningkatkan kesadaran akan keselamatan di jalan raya dalam mendorong perilaku berkendara yang aman,” ujar Aldi.

Berikut adalah Pemenang Kompetisi Safety Riding Polres Cimahi 22 Juni 2023 :

Juara 1 – Kevin Aprizal (Polres Cimahi, SMKN 1 Cimahi)

Juara 2 – Muhammad Riva Aditia Permana (Polsek Cisarua, SMAN 1 Parongpong)

Juara 3 – M. Salman Rizki Gumilar (Polsek Cipatat, SMAN 1 Cipatat)

Juara 4 – Muhammad Nauval (Polsek Cipatat, SMAN 1 Cipatat)

Juara 5 – Aidil Akbar Ramdhani (Polsek Cisarua, SMAN 1 Parongpong)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here