Home Nasional Local Hero Kader Binaan Pertamina Raih Penghargaan Kalpataru

Local Hero Kader Binaan Pertamina Raih Penghargaan Kalpataru

28
0

Dani Arwanto, kader binaan Pertamina Lubricants meraih penghargaan Kalpataru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) untuk kategori Perintis Lingkungan karena dinilai berjasa dalam menjaga serta memelihara lingkungan dan kehutanan Indonesia.

Dani menjadi pahlawan lingkungan melalui kegiatan pertanian perkotaan di mana berhasil mengatasi masalah sosial, budaya, dan lingkungan di wilayah metropolitan yang secara geografis rentan terhadap dampak perubahan iklim.

Dani merupakan salah satu kader binaan dan aktif menjadi ketua dari program TJSL/CSR Production Unit Jakarta PT Pertamina Lubricants, yaitu Kampung Iklim GH Cemara 001 Tugu Utara.

Pemberian penghargaan Kalpataru 2023 diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jakarta, (5/6/2022).

Siti Nurbaya menyampaikan, penerima penghargaan Kalpataru merupakan tokoh pejuang di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Penghargaan ini juga menjadi amanat bagi penerimanya untuk tetap menjaga dan meningkatkan kepeloporan serta berbagai upaya berbagai dalam memelihara serta mengelola lingkungan hidup dan kehutanan.

Berkat kerja keras dan dukungan dari berbagai elemen masyarakat, Dani berhasil menjadikan wilayah RW 001 Tugu Utara sebagai wilayah yang sangat memperhatikan lingkungan, seperti gang hijau, budidaya anggur, hidroponik, budidaya maggot, ikan hias, dan ikan konsumsi, serta bank sampah.

Anggota Dewan Pertimbangan Penghargaan Kalpataru, Dr. Imam B. Prasodjo menilai bahwa keberhasilan perubahan lingkungan di RW 001 Tugu Utara dimanfaatkan baik oleh Dani Arwanto dan seluruh warganya dengan berkolaborasi antara masyarakat, pemerintah, dan swasta atau dalam hal ini PT Pertamina Lubricants.

Ia berharap Dani Arwanto menjadi figur yang terus menginspirasi gerakan perubahan lingkungan selanjutnya.

“Semoga hal ini semakin menambah semangat sinergi dan kolaborasi bersama Pertamina Lubricants untuk terus berkarya ke depan dan berkontribusi terhadap pencapaian target Program Kampung Iklim (ProKlim) 20.000 lokasi pada Tahun 2024 yang dicanangkan Pemerintah,” ujar Dody Arief Aditya, Manager Production Unit Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here