Home Nasional Hasil Survei IPO: Erick Thohir Lebih Serasi Dampingi Ganjar Pranowo di Pilpres...

Hasil Survei IPO: Erick Thohir Lebih Serasi Dampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

22
0

Nama Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir di bursa calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024  terus jadi perbincangan hangat.

Sosoknya disebut-sebut menjadi ‘menu utama’ dampingi Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Kemudian masyarakat Indonesia mulai membandingkan mana yang lebih serasi, Erick Thohir – Ganjar Pranowo atau Erick Thohir – Prabowo Subianto.

Berdasarkan hasil survei terbaru dari Indonesia Political Opinion (IPO) periode 5 hingga 13 Juni telah menentukan jika Erick Thohir lebih serasi untuk mendampingi Ganjar Pranowo.

Bahkan angka dukungan agar Ketum PSSI tersebut mendampingi Ganjar Pranowo menjadi yang tertinggi jika dibandingkan bersama capres lain seperti Prabowo Subianto atau Anies Baswedan.

Survei Pilpres 2023 yang dikeluarkan oleh Indonesia Political Opinion atau IPO menunjukkan Menteri Erick Thohir keluar sebagai tokoh potensial maju di Pilpres 2024 sebagai cawapres.

Menurut hasil survei tersebut, publik lebih setuju Erick Thohir disandingkan dengan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Dalam surveri terbaru yang digelar pada 5 Juni sampai 13 Juni 2023 itu menunjukkan bahwa elektabilitas Erick Thohir yang dipasangkan dengan Ganjar Pranowo mencapai 26,8 persen, mengungguli kandidat lain.

Tak sampai disitu, rincian survei menunjukkan bahwa Erick Thohir unggul 15,5 persen dari kandidat Calon Wakil Presiden lainnya.

Direktur IPO, Dedi Kurnia Syah menyimpulkan duet Erick Thohir dan Ganjar Pranowo bisa mendongkrak peluang kemenangan di kontestasi 5 tahunan.

“Erick Thohir mengalami momentum peningkatan popularitas dan elektabilitas, jika disandingkan dengan Ganjar Pranowo bisa jadi pertimbangan,” ujar Dedi, Kamis (22/6/2023).

Menurut Dedi, kenaikan elektabilitas Erick Thohir ini terjadi karena dia telah terbukti sebagai pemimpin sukses di Kementerian BUMN. Hal ini mendapat apresiasi positif dari masyarakat secara luas.

Salah satu bukti kesuksesan Erick Thohir di Kementerian BUMN adalah upayanya dalam mendukung ekonomi masyarakat kecil dan menengah (UMKM), terutama selama pandemi Covid-19.

Melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Mekaar, Erick Thohir telah mempercepat pemulihan ekonomi nasional dengan memberikan akses pendanaan bagi pelaku usaha lokal.

Selain itu, Erick Thohir juga telah berhasil mendorong perkembangan UMKM Indonesia melalui platform digital Pasar Digital (PaDi) UMKM. Platform ini memberikan peluang besar bagi UMKM untuk memperoleh pembiayaan dari BUMN.

Oleh karena itu, Erick Thohir mendapatkan banyak dukungan dari masyarakat untuk maju dalam Pilpres 2024. Dia juga dianggap cocok untuk menjadi pendamping Ganjar Pranowo, terutama karena Ganjar Pranowo berasal dari PDIP, partai yang mewakilinya.

Dedi menyimpulkan bahwa Erick Thohir tetap menjadi pilihan yang unggul jika berpasangan dengan Ganjar Pranowo, dan keduanya saling melengkapi.

“Ganjar Pranowo sangat baik jika disandingkan dengan Erick Thohir. Erick Thohir tetap konsisten berada di atas jika disandingkan dengan Ganjar Pranowo,” ungkapnya.

Dukungan Erick Thohir maju dalam kontestasi Pilpres 2024 juga mengalir dari PAN. Dalam Rakernas PAN belum lama ini, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sudah mengutarakan dukungannya untuk Erick Thohir maju di Pilpres 2024.

Wasekjen DPP PAN Fikri Yasin mengakui sedang membangun komunikasi intens dengan Partai Gerindra, Golkad dan PKB untuk memantapkan terbentuknya koalisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here