Home Nasional Ende Kota Bersejarah Tempat Bung Karno Meramu Pancasila

Ende Kota Bersejarah Tempat Bung Karno Meramu Pancasila

29
0

Kelahiran Pancasila tidak bisa dilepaskan dari peran Ende sebagai tempat bersejarah yang sangat penting bagi pembentukan ideologi bangsa Indonesia.

Ende merupakan sebuah wilayah yang berada di Pulau Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur. Saat ini, Kabupaten Ende memiliki luas wilayah 2.067,75 km persegi dan memiliki populasi sebanyak 270.763 jiwa (berdasarkan sensus penduduk 2020).

Sebagaimana tercatat sejarah, Bung Karno pernah diasingkan oleh kolonial Belanda ke Ende selama 4 tahun terhitung sejak 14 Januari 1934 hingga 18 Oktober 1938.

“Ende adalah tempat digali dan dikristalkannya Pancasila, dasar negeri kita ini, oleh Bung Karno,” ucap Menko Polhukam Mahfud MD.

Menurut Mahfud, di Ende Bung Karno mempertemukan ide-ide dunia yang sangat luas dengan ide-ide lokal pedesaan dalam satu ramuan Pancasila.

Dalam kesempatan berkunjung ke Ende, Mahfud MD juga menyampaikan bahwa Ende sebagai heritage atau warisan dari Bung Karno dan tempat ditemukannya ide yang spektakuler.

“Ende adalah tempat penuh sejarah, maka perlu ditegaskan kembali agar dunia tahu kalau inilah tempatnya,” kata Mahfud.

Mahfud menambahkan dirinya akan mengajukan ke pemerintah pusat untuk membangun museum Bung Karno sekaligus diorama di Ende.

Mahfud yang juga mantan Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjelaskan, sejarah telah membuktikan dengan berpegang teguh kepada Pancasila dan dengan gotong royong bangsa Indonesia mampu menyekesaikan berbagai tantangan di masa lalu, begitupun di masa yang akan datang.

“Semangat ini perlu kita tingkatkan dan laksanakan. Mari kita letakkan kepentingan pribadi untuk kepentingan institusi, kepentingan bersama. Mari kita hormati perbedaan dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara,” tegas Mahfud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here