Home Nasional Badan Pengawas Pemilihan Umum Minta Bawaslu Daerah Jaga Keamanan Data dan Jaringan...

Badan Pengawas Pemilihan Umum Minta Bawaslu Daerah Jaga Keamanan Data dan Jaringan Informasi

20
0

Badan Pengawas Pemilihan Umum- Anggota Bawaslu Puadi meminta Bawaslu daerah mengidentifikasi permasalahan dalam penggunaan teknologi informasi di lingkungan Bawaslu.

“Apa masalahnya di masing-masing provinsi dan kabupaten/kota. Apakah jaringan atau ada hal lain seperti sumber daya manusianya atau apa?,” ujar Puadi saat membuka Sosialisasi Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta Pelayanan Informasi Publik di Lingkungan Bawaslu, Makassar, (1/6/2023).

Dengan adanya identifikasi masalah tersebut, diharapkan pengelolaan sistem teknologi informasi di lingkungan Bawaslu daerah dapat terkelola dengan baik.

Terutama dalam menjaga keamanan, jaringan dan infrastruktur data yang dimiliki dan dikelola Bawaslu provinsi dan Bawaslu kabupaten/kota.

“Jangan sampai data kita bocor, kalau bocor ini menyangkut kredibilitas lembaga dan kepercayaan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu dia juga mengingatkan Bawaslu daerah untuk berhati-hati dalam mengelola data dan informasi yang dimilikinya. Pasalnya, kata dia, Bawaslu sebagai lembaga publik harus transparan dalam menyampaikan informasi.

“Pengelola data dan informasi juga harus mengetahui mana yang boleh diinformasikan dan mana yang tidak (informasi yang dikecualikan),” tegasnya.

Dalam kesempatan itu Puadi juga mengatakan Bawaslu akan membuat pusat perintah (command center) untuk memudahkan kerja pengawasan di jajaran Bawaslu.

“Command center ini harus terwujud agar enak remote controlnya dan memudahkan koordinasi antara pusat hingga daerah,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here