Home Nasional Alumni Unpad: Lupakan Anies, Pilpres 2024 Mengulang Pertarungan Pendukung Jokowi vs Pendukung...

Alumni Unpad: Lupakan Anies, Pilpres 2024 Mengulang Pertarungan Pendukung Jokowi vs Pendukung Prabowo

26
0

Melihat perkembangan politik nasional terakhir, sangat memungkinkan terjadi peta pertarungan di Pilpres 2024 akang mengulangi seperti yang terjadi saat Pilpres 2014 dan 2019.

Dimana peta pertarungan di dua kali pilpres tersebut sama antara pendukung militan Jokowi yang mendukung Ganjar Pranowo berhadapan dengan pendukung Prabowo.

Hal tersebut disampaikan Budi Hermansyah, yang merupakan inisiator deklarasi Alumni Unpad Balad Ganjar beberapa waktu yang lalu.

“Ya, peta pertarungan Pilpres 2024 akan mengulang kembali apa yang terjadi saat di Pilpres 2014 dan 2019,” pungkasnya.

Pernyataan tersebut tentunya bukanlah tanpa alasan kuat. Pasalnya, dari rilis beberapa lembaga survey belakangan ini, dimana pola dukungan sudah terfragmentasikan di dua kandidat teratas yaitu Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Sedangkan Anies dari mulai intensnya lembaga survey merilis hasilnya selalu konsisten di urutan ketiga, bahkan belakangan hasil surveynya mengalami tren penurunan yang signifikan.

Dan hasil survey Anies tersebut bisa memicu pergeseran dukungan yang lebih condong ke Prabowo, daripada ke Ganjar.

“Melihat fenomena seperti itu, bagi kami yang sudah mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar tidak merasa aneh apalagi kaget,” katanya.

“Karena bagi kami dari awalpun sudah menganalisa kalau pendukung Anies merupakan ceruk sama dari pendukung Prabowo saat di pilpres sebelumnya,” papar Budi.

“Jadi kami sudah prediksi pergeseran tersebut akan terjadi kalau Anies mengalami tren penurunan hasil surveynya,” tambah pria yang akrab disapa Buher ini.

“Kalau pendukung Jokowi, saya optimis akan terkonsolidasikan menjadi pendukung Ganjar Pranowo, terbukti beberapa hari ada deklarasi nasional relawan Jokowi mendukung Ganjar di Jakarta,” ungkapnya.

“Ini menurut kami sangat berdampak bagi semua jaringan simpul relawan Jokowi se-lndonesia untuk bersama-sama merapatkan barisan dengan relawan Ganjar, untuk sama-sama berjuang memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 nanti,” pungkas Buher.

Buher juga memperkuat dengan pernyataan Jokowi terakhir, yang menyebutkan pemimpin ke depan harus punya keberanian dan nyali seperti Pak Ganjar.

“Ini akan sangat berpengaruh pada semakin kuat dan yakinnya para pendukung Jokowi, bahwa Presiden Jokowi benar-benar berada dalam satu barisan bersama Ganjar Pranowo,” lanjutnya.

“Tapi untuk Pilpres 2024 nanti saya belum tahu, apa akan memunculkan kembali Cebong dan Kadrun? Ya kita lihat saja nanti, jangan-jangan ada istilah baru pengganti Cebong dan Kadrun,” ungkap Buher.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here