Home Nasional Tingkatkan Kemampuan dan Layanan Bedah Robotik, Indonesia Gandeng Iran

Tingkatkan Kemampuan dan Layanan Bedah Robotik, Indonesia Gandeng Iran

20
0

Tingkatkan Kemampuan dan Layanan Bedah Robotik, Indonesia Gandeng Iran

Dalam kunjungan kenegaraannya ke Indonesia, Presiden Iran Seyyed Ebrahim Raisi dan Presiden Jokowi melahirkan 10 kesepakatan antara kedua negara di berbagai bidang, salah satunya dibidang layanan kesehatan.

Upaya pemerintah melalui transformasi sistem kesehatan di Indonesia coba diwujudkan melalui dikembangkannya teknologi telerobotic surgery melalui kerja sama antara Indonesia dan Iran.

Pengembangan Pusat Bedah Robotik di Indonesia telah dimulai pada tahun 2021 dengan lokus pilot project adalah RS Hasan Sadikin Bandung dan RS Sardjito Yogyakarta.

“Teknologi telerobotic surgery tidak hanya menguntungkan untuk mengisi kekurangan dokter spesialis bedah, tetapi juga menghilangkan hambatan geografis dan hambatan jarak sehingga dapat meningkatkan layanan dokter spesialis menjadi lebih efektif dan efisien,” jelas Wakil Menteri Kesehatan Prof. Dante Saksono Harbuwono, dalam keterangan tertulisnya, (23/5/2023).

Teknologi ini juga menghasilkan layanan bedah yang berkualitas tinggi, memperkecil komplikasi pasca pembedahan, menurunkan beban keuangan, dan perjalanan jarak jauh yang seringkali berisiko.

“Teknologi ini juga memberikan akurasi dan manuver bedah yang lebih baik yang akan membantu para dokter bedah, dan pasien di daerah terpencil dapat memiliki akses ke prosedur bedah terbaru,” lanjut Prof Dante.

Dijelaskan, kerja sama di bidang kesehatan dengan Iran telah berjalan sejak tahun 2018 melalui MOU kesehatan antara Menteri Kesehatan RI dan Menteri Kesehatan Republik Islam Iran.

Area kerja sama meliputi Health Services, Pharmaceutical and Medical Devices, Health Research and Development, Universal Health Coverage, Prevention and Control of Communicable and Non-Communicable Diseases, Traditional Medicine, and Health Emergency Response and Disaster Management.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here