Home Nasional Sukses di BUMN, Erick Thohir Dinilai Pemimpin Muda Brilian untuk Cawapres Masa...

Sukses di BUMN, Erick Thohir Dinilai Pemimpin Muda Brilian untuk Cawapres Masa Depan

32
0

Kesuksesan Erick Thohir membawa perusahaan pelat merah milik negara meraih berbagai macam prestasi menjadi perusahaan yang setingkat dunia dengan perusahaan global lainnya.

Transformasi yang dilakukan Erick dalam membawa BUMN sangat terasa berdampak pada kemajuan dari mulai bersih-bersih membongkar kasus korupsi yang sudah lama mendera perusahaan milik negara tersebut.

Pencapaian berbagai prestasi tersebut mendapat tanggapan dari Aktivis Muda Nahdlatul Ulama (NU), Guntur Romli menyebut Menteri BUMN Erick Thohir  sebagai pemimpin muda brilian untuk posisi calon wakil presiden (cawapres).

Apalagi melihat berbagai keberhasilan di yang telah ditorehkan oleh menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo tersebut di Kementerian BUMN.

“Erick Thohir memiliki latar belakang seorang pengusaha yang sukses, seorang yang masih muda, brilian, pekerja keras dan kita juga lihat dalam kabinet Presiden Jokowi. Erick Thohir bisa dikatakan berhasil mengelola perusahaan – perusahaan negara yang ada di BUMN,” terang Guntur dikutip Sabtu (6/5/2023).

Seperti diketahui, Erick Thohir banyak menorehkan keberhasilan selama memimpin Kementerian BUMN. Salah satu di antara keberhasilan Eks Presiden Inter Milan ini adalah meningkatkan laba secara konsisten setiap tahun dan dividen terbesar sepanjang sejarah Indonesia.

Di bagian peningkatan laba Kementerian BUMN, Erick Thohir secara konsisten meningkatkan laba sejak tahun 2020. Di mana pada tahun tersebut laba Kementerian BUMN hanya tercatat sebesar Rp 13 triliun kemudian menjadi Rp 124,7 triliun di tahun 2021.

Peningkatan laba ini kembali tercatat di tahun 2022, dari Rp 124,7 triliun menjadi Rp 240 triliun. Dividen kepada negara dari Kementerian BUMN pun menembus angka terbesar sepanjang sejarah yakni Rp 80,2 triliun.

Tak berhenti sampi di situ, Erick Thohir juga menorehkan prestasi dalam pemberantasan korupsi. Terbaru ia bersama Kejaksaan Agung berhasil mengungkap korupsi yang terjadi di PT Waskita Beton Precast.

Di mana kasus korupsi ini terjadi karena pengadaan proyek fiktif yang dilakukan oleh Dirut PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Kasus ini juga telah merugikan negara sebesar Rp 2,5 triliun.

Sebelumnya, Erick Thohir juga telah berhasil mengungkap berbagai kasus korupsi selama di Kementerian BUMN. Di samping kasus Waskita Beton Precast, Ercik Thohir mengungkap kasus korupsi Jiwasraya, Asabri dan Garuda Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here