Home Feature Mobil Konsep Pony Coupe 1974, Cara Hyundai Melambungkan Nama Korea di Dunia...

Mobil Konsep Pony Coupe 1974, Cara Hyundai Melambungkan Nama Korea di Dunia Internasional

55
0

Bangsa yang besar adalah bangsa yang mampu berdiri di atas kakinya sendiri. Menjadi negara yang mampu memproduksi segala kebutuhannya sendiri tanpa campur tangan pihak lain.

Korea Selatan yang pernah luluh lantak akibat Perang Korea, kini menjadi salah satu negara yang berkembang pesat dan memiliki kemandirian ekonomi yang baik.

Salah satu indikatornya yaitu memiliki kemampuan dalam penguasaan teknologi modern, dalam hal ini teknologi otomotif.

Hyundai sebagai raksasa otomotif Korea lahir dari semangat untuk memberikan kontribusi terbaik bagi Korea dalam penguasaan teknologi otomotif.

Salah satu pencapaian penguasaan teknologi tersebut yaitu dengan hadirnya mobil konsep Hyundai Pony Coupe yang dirilis pertama kali di Turin Motor Show 1974. Pameran mobil internasional ini merupakan salah satu yang terbesar pada masanya.

“Meskipun situasi industri di era 1970-an begitu buruk, kakek saya dan pendiri Hyundai, Ju-young Chung, mencurahkan hati dan jiwa mereka untuk membangun kembali ekonomi Korea dan meningkatkan taraf hidup masyarakat setelah kehancuran yang ditimbulkan Perang Korea,” ujar Euisun Chung, Executive Chair Hyundai Motor Group.

“Ia pun akhirnya mewujudkan visinya untuk menjadikan Korea sebagai negara yang mampu mengembangkan kendaraannya sendiri dengan sempurna,” sambungnya.

“Saya mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua pihak, baik dari Italia maupun Korea, yang berperan penting dalam kesuksesan Pony,” kata Eusin Chung.

Mobil konsep Pony Coupe merupakan hasil kreasi insinyur dan desainer Hyundai yang berkolaborasi dengan desainer Italia Giorgetto Giugiaro. Munculnya mobil konsep ini mengejutkan dunia sebab Korea dinilai belum memiliki industri otomotif yang kuat pada masa itu.

Mobil konsep Pony Coupe pertama kali dipamerkan di Turin Motor Show 1974. (Foto: Hyundai)

Eksterior mobil sport dua pintu ini menampilkan semangat keberanian dengan garis atap yang ramping, permukaan tanpa cela, proporsi yang dinamis, dan bentuk pilar B yang unik.

Desain interiornya memamerkan sensibilitas ikonis dengan desain monocoque dari Giugiaro dan konsep arsitektur terapung yang berpusat pada pengemudi.

Mobil konsep Pony Coupe 1974 menjadi terobosan tersendiri pada masanya berkat sensibilitasnya yang unik dan estetis.

Sayangnya, kondisi ekonomi global yang buruk pada akhir 1970-an menjadikan mobil sport sensasional pertama dari Hyundai ini urung diproduksi secara komersial dan hilang dari sejarah.

Walau demikian, kelahiran konsep tersebut sukses membangkitkan apresiasi perusahaan akan prinsip-prinsip desain inovatif, sehingga peninggalannya berpengaruh signifikan terhadap arah desain yang ditempuh perusahaan saat ini dan untuk masa depan.

Mobil konsep Pony Coupe 1974 juga mewujudkan impian Pendiri Hyundai, Ju-yung Chung, untuk menciptakan ‘mobil sport performa tinggi’ pada masa Hyundai belum memiliki kemampuan merancang atau mengembangkan model kendaraannya sendiri.

Namun, ambisi Hyundai untuk mengekspor mobil ke negara-negara maju, memperkuat perekonomian Korea, dan meningkatkan taraf hidup masyarakatnya pun pada akhirnya terwujud.

Hampir setengah abad setelah debut mobil konsep ini, pabrikan Korea ini menggelar Hyundai Reunion yang memberikan penghormatan kepada konsep orisinal dari Pony Coupe dan peran Italia di dalamnya.

Acara ini juga menjadi perayaan atas hadirnya inovasi modern yang telah dan masih terus menjadi dorongan di balik visi dan misi Hyundai Motor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here