Home Mancanegara Menko Polhukam Mahfud MD Serukan Perangi Kejahatan Transnasional di ASEAN

Menko Polhukam Mahfud MD Serukan Perangi Kejahatan Transnasional di ASEAN

15
0

Menko Polhukam Mahfud MD mengajak seluruh negara anggota ASEAN untuk meningkatkan upaya memerangi kejahatan transnasional di ASEAN, dari terorisme, narkoba, dan perdagangan orang.

Hal tersebut disampaikan Mahfud MD saat memimpin pertemuan ke-26 ASEAN Political and Security Council (APSC) di Labuan Bajo.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Polhukam juga menyampaikan pentingnya percepatan perundingan ASEAN Extradition Treaty. Kesepakatan ASEAN Extradition Treaty diharapkan dapat mencegah kawasan ASEAN menjadi tempat berlindung pelaku kriminal.

“ASEAN harus memiliki instrumen yang memadai untuk mengatasi kejahatan perdagangan orang, termasuk melalui adopsi Leaders Declaration on Combating Trafficking in Persons Caused by Abuse of Technology yang memuat pendekatan komrehensif dalam hal pencegahan dan perlindungan korban, serta meningkatkan kolaborasi antar negara,” ujar Mahfud selaku koordinator dan penanggungjawab Pilar Polkam ASEAN.

Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) belakangan kembali menghangat dengan banyaknya korban yang terjerat perdagangan orang.

Menko Polhukam sebagai koordinator dan penanggungjawab Pilar Polkam ASEAN terus memperkuat upaya kerja sama pemberantasan TPPO di ASEAN baik di tingkat bilateral dan regional.

Pada tingkat bilateral, Kemenko Polhukam telah mengkoordinasikan dan mendorong disepakatinya MOU antara Kepolisian RI dengan Kepolisian Kamboja guna memperkuat kerja sama police to police dalam penanganan TPPO.

Sementara di tingkat regional, Menko Polhukam telah menekankan pentingnya penguatan kerja sama ASEAN yang sudah ada dalam memerangi perdagangan orang.

Termasuk implementasi ASEAN Convention Againts Trafficking in Persons Especially Women and Childeran dan Bohol Trafficking in Persons Work Plan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here