Home Nasional “Gubernur Kena Prank” Presiden Jokowi Susuri Jalan Rusak Parah di Lampung dengan...

“Gubernur Kena Prank” Presiden Jokowi Susuri Jalan Rusak Parah di Lampung dengan Mobil RI 1

63
0

Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Provinsi Lampung pada Jumat (5/5/2023), salah satunya untuk mengecek infrastruktur secara langsung kondisi fisik jalan yang rusak di daerah tersebut.

Kepala Negara tampak menyusuri jalan rusak di Lampung dengan menggunakan mobil Kepresidenan dengan pelat merah bertuliskan Indonesia 1. Hal ini terlihat dari video yang dibagikan Fotografer Resmi Istana Kepresidenan, Agus Suparto.

Presiden Joko Widodo akhirnya merasakan sendiri permasalahan jalan rusak di Lampung yang telah menjadi topik nasional. Tak tanggung-tanggung, Presiden Jokowi juga bak melakukan ‘prank’ terhadap Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Ini setelah orang nomor satu di Indonesia itu tidak lewat jalan yang sudah diperbaiki. Sebagai gantinya, Presiden Jokowi dan rombongan kepresidenan sengaja melewati jalanan rusak di Lampung yang cukup meresahkan.

Momen mobil RI 1 melintas di jalanan rusak itu juga viral di media sosial. Bahkan, kata kunci “Lampung” masuk ke deretan trending topic di Twitter menyusul kunjungan Jokowi ke wilayah tersebut.

Salah satunya seperti yang dibagikan oleh akun Twitter @KangManto123. Akun ini menyebut saking mulusnya jalan, sampe bingung mau lewat mana?….   Jalan darat serasa Arung Jeram ditambahi dengan lambang emoticon tertawa.

Berdasarkan informasi dari Agus Suparto, jalanan yang dilintasi Jokowi itu adalah Jl Terusan Ryacudu, Marga Agung, Kec. Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Di belakang mobil Presiden, tampak Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang mengawal mobilnya dengan menggunakan motor trail

Selain itu, tampak pula iring-iringan rangkaian kendaraan kepresidenan yang berada di belakang mobil Presiden dan beberapa motor Paspampres.

Tampak jalan beraspal yang dilewati Presiden mengalami kerusakan parah.

Tak hanya lubang dalam ukuran besar yang digenangi air, jalan tersebut sebagian besar telah mengalami pengelupasan aspal.

Oleh karenanya, kondisi jalan lebih banyak berupa tanah dan pasir. Bahkan, di beberapa titik masih tampak aspal jalan, tetapi tidak merata di antara sisi kiri dan kanan jalan.

Ada pula bagian jalan yang masih beraspal di sisi kanan, tetapi di sisi kiri berupa tanah berpasir.

Kondisi tersebut membuat mobil yang membawa Presiden Jokowi tampak berjalan dengan sedikit pelan dan hati-hati ketika melintasi ruas jalan tersebut

Beberapa kali mobil yang membawa Presiden Jokowi tampak berjalan menghindari lubang besar ataupun sedang.

Rangkaian motor Paspampres dan iringan kendaraan kepresidenan yang biasanya melaju dengan kencang dan efisien kali ini tampak berjalan pelan sambil mengikuti kondisi permukaan jalan.

Saat Presiden Jokowi dan rombongan melintasi jalan, masyarakat memanggil-manggil namanya.

Dari dalam mobil, Presiden Jokowi merespons sambil melemparkan kaus kepada warga yang menyapanya.

“Terima kasih, Pak. Terima kasih, Bapak,” kata warga.

Sebelumnya, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin merespons kabar yang menyebutkan Jokowi akan menumpangi sepeda motor dan helikopter dalam kunjungannya di Lampung.

“Hanya menggunakan mobil. Tidak menggunakan helikopter dan tidak juga menggunakan sepeda motor,” kata Bey kepada wartawan, Jumat pagi.

Seperti diketahui, salah satu agenda kunjungan kerja Jokowi di Lampung adalah mengecek kondisi jalan yang rusak dan videonya viral di media sosial dalam beberapa waktu lalu.

“Saya mau pastikan, lihat betul, apakah yang ada di video, di media itu benar atau enggak benar,” kata Jokowi di Sarinah, Jakarta, Kamis (4/5/2023).

Sebelumnya, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad mengatakan bahwa Jokowi akan mengecek ruas jalan di Rumbia, Lampung Tengah, menggunakan sepeda motor.

“Dari info yang saya dapat, Presiden Jokowi akan datang hari Jumat ke Rumbia naik motor,” kata Musa, Rabu (3/5/2023).

Selain itu, beredar pula dokumen rencana kunjungan kerja Jokowi yang menyebut Jokowi akan menaiki helikopter untuk meninjau Simpang Randu di Kecamatan Seputih Banyak, Lampung Tengah.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengecek perbaikan jalan yang rusak dengan menggunakan helikopter. Sejumlah ruas jalan yang rusak di Lampung diperbaiki secara kilat menjelang kunjungan kerja Jokowi pada hari Jumat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here