Home Nasional Bahas Pemilu 2024, Jokowi Bertemu Purnawirawan TNI-Polri

Bahas Pemilu 2024, Jokowi Bertemu Purnawirawan TNI-Polri

27
0

Presiden Joko Widodo gelar pertemuan dengan sejumlah purnawirawan Jenderal TNI-Polri yang memimpin organisasi pensiunan prajurit di Istana Merdeka, Jakarta, pada hari Senin, 22 Mei 2023.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi membahas mengenai sejumlah hal, di antaranya mengenai kesejahteraan bagi para purnawirawan.

Ketua Umum Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI-Polri (PEPABRI) para purnawirawan mengajukan beberapa masukan terkait upaya peningkatan kesejahteraan dalam keterangan persnya usai pertemuan

“Kami menyampaikan kepada Bapak Presiden dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan para purnawirawan. Kami akan mengajukan beberapa masukan yang berkaitan dengan take home pay,” ucap Agum Gumelar.

Agum Gumelar juga menyatakan bahwa pihaknya telah menyusun usulan kepada Presiden dan berharap dapat diberikan kebijakan mengenai hal tersebut.

“Ini policy dari Menteri Keuangan tentunya yang kita harapkan. Ini kami sudah membuat proposalnya dan kami akan sampaikan kepada Bapak Presiden,” ujarnya.

Ketua Umum DPP Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri) Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar mengatakan pertemuan itu membahas sejumlah hal. Salah satunya adalah penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024.

“Kami juga mendapat arahan tentang bagaimana upaya agar supaya 2024 itu bisa berjalan dengan lebih lancar, lebih aman, lebih tertib ketimbang 2019, lebih demokratis,” kata Agum di Istana Kepresidenan Jakarta.

Agum berkata semua organisasi purnawirawan akan netral dalam pemilu mendatang. Namun, mereka membebaskan setiap anggota memilih kandidat mana pun.

Para purnawirawan tak masalah jika para anggotanya beda pilihan capres. Namun, mereka berharap perbedaan itu hanya sementara dan tak berujung perpecahan.

Agum berkata tak ada titipan nama calon presiden dari Jokowi dalam pertemuan itu. Namun, Jokowi menyampaikan harapan pemimpin berikutnya akan meneruskan pembangunan yang sudah berjalan.

“Harapan beliau bahwa apa yang sudah baik yang dilakukan pemerintahan Pak Jokowi ini, kalau saya liat sih masalah berkaitan hilirisasi, itu beliau sangat berharap bisa dilanjutkan,” ujarnya.

Selain Agum, pensiunan jenderal yang hadir pada acara itu adalah Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI-AD (PPAD) Letjen TNI (Purn) Doni Monardo, Ketua Umum (Ketum) Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji, dan ketua umum PPAU Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan mengenai perkembangan situasi global. Agum Gumelar menyatakan bahwa pihaknya optimistis menghadapi situasi tersebut dengan hasil yang telah Indonesia miliki.

“Kami mendapatkan arahan dari beliau tentang perkembangan situasi kondisi negara, bangsa dihadapkan pada kondisi global dan semuanya memperlihatkan satu situasi yang tidak membuat kita pesimis. Kita optimis tentang hasil yang sudah kita raih selama ini,” tegasnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here