Home Nasional 25 Tahun Gerakan Reformasi, Barikade 98 Minta Rakyat Waspada Bahaya Laten Orde...

25 Tahun Gerakan Reformasi, Barikade 98 Minta Rakyat Waspada Bahaya Laten Orde Baru

44
0

Memperingati 25 tahun Gerakan Reformasi 98, Ketua Umum Barikade 98 Benny Rhamdani mengingatkan kepada masyarakat tentang bahaya laten rezim orde baru yang dipimpin Soeharto.

Hal tersebut disampaikan Benny Rhamdani saat menggelar acara peringatan 25 tahun Gerakan Reformasi 98 di Sekretariat Barikade 98 di Cikini, Jakarta, (21/5/2023).

“Kita ingin memberikan alarm peringatan kepada masyarakat Indonesia bahwa rezim orde baru yang dipimpin Soeharto tidak boleh hidup kembali, termasuk kroni-kroninya,” ujar Benny.

Menurut Benny, kekuatan orde baru tidak boleh hidup lagi dan harus dijadikan sebagai ancaman yang serius bagi republik ini.

“Kita tahu persis bagaimana kekuasaan orde baru memimpin negara ini selama 32 tahun dengan cara tidak pernah memberikan ruang kritik kepada rakyat,” kata Benny.

“Kebebasan demokrasi yang dikerangkeng, juga kebebasan pers yang dibredel. Melakukan kritik kepada pemerintah dianggap haram. Berbeda pendapat dengan pemerintah itu dosa,” paparnya.

Benny melihat warisan orde baru itu masih nyata saat ini. Mereka, lanjut Benny, selalu menggunakan politik identitas diberbagai momentum seperti di pemilu, di pilpres.

Selain itu Benny juga menambahkan bahwa negara masih memiliki hutang 13 aktivis mahasiswa yang diculik dan dibunuh oleh orde baru. “Bahkan, sampai hari ini kita tidak tahu kuburannya di mana,” jelasnya.

Terkait menjelang pilpres 2024, Benny mengatakan kalau Barikade 98 belum menentukan sikap akan berpihak kepada siapa. “Barikade 98 tunduk dan patuh pada Pak Jokowi. Kita tegak lurus pada Pak Jokowi,” ungkap Benny.

Benny juga menyebutkan kriteria pemimpin berikutnya harus melanjutkan agenda-agenda besar yang pondasinya sudah diletakkan oleh Jokowi.

“Juga memiliki keberanian untuk melawan tekanan asing seperti yang sudah dilakukan oleh Pak Jokowi selama ini. Selain itu juga pemimpin yang memiliki keberpihakan kepada rakyat,” tegas Benny.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here