Home Feature Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Melewati Turunan Curam

Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Melewati Turunan Curam

37
0

Berkendara sepeda motor dengan kondisi jalan tanjakan terjal atau turunan curam butuh ekstra hati-hati dan kewaspadaan tinggi, selain tentunya keterampilan berkendara serta kondisi sepeda motor yang prima.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, pada dasarnya setiap pengendara wajib memahami teknik berkendara yang tepat agar mampu menghadapi berbagai kontur dan kondisi jalan yang dilewati seperti tanjakan terjal dan turunan yang curam.

“Jika pengendara menemui turunan yang curam atau tajam, pastikan pengendara dapat memahami postur berkendara yang baik, pengereman yang maksimal hingga menguasai kondisi rute jalan yang akan dilewati,” ujar Ludhy.

Berikut tips mengendarai sepeda motor di jalan menurun, diantaranya :

1. Postur berkendara yang tepat saat berkendara di jalur turunan, posisikan postur badan condong ke depan.

2. Kenali kondisi rute yang akan dilalui agar kita dapat mengantisipasi terlebih dahulu berbagai macam potensi bahaya selama di jalur yang akan dilewati.

3. Pastikan jari tidak menekan handle rem atau kaki tidak menginjak pedal rem secara terus menerus. Sehingga pada saat melewati jalan menurun, kondisi rem dapat digunakan dan berfungsi dengan baik disaat yang tepat.

4. Saat melakukan pengereman di jalanan menurun, tutup putaran gas dan dilanjutkan menekan handle rem dengan kondisi empat jari agar tekanan rem lebih maksimal.

5. Untuk tipe motor sport cara mengerem ketika melewati turunan tajam adalah dengan cara menekan rem secara perlahan dan diayun untuk menghindari roda mengunci.

6. Bila dirasakan pengereman kurang optimal, berhentilah atau menepi sejenak ketika melewati jalan turunan dengan rute yang panjang untuk mendinginkan rem depan/belakang agar terhindar dari rem blong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here