Home Nasional Respon Survei Poltracking, PAN Siap Dorong Erick Cawapres 2024

Respon Survei Poltracking, PAN Siap Dorong Erick Cawapres 2024

16
0

Elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir yang paling tinggi dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) yang dirilis oleh Lembaga Survei Poltracking, Politik di Indonesia terkait pilpres sangat dinamis.

Hal tersebut disampaikan Hanta Yuda AR Direktur Eksekutif Poltracking, dalam simulasi 20 nama, Erick Thohir ke luar sebagai yang tertinggi dengan 16,3 persen. Disusul Sandiaga Uno 14,8 persen, Ridwan kamil 12,2, dan AHY 7,2 persen.

“Pak Erick Thohir selain menteri BUMN merupakan ketua umum PSSI menjadi variabel sosialisasi yang beririsan dengan isu-isu politik,” kata Hanta, Jumat (28/4/2023).

Nama-nama lain yang menyusul, seperti Mahfud MD dengan 6,5 persen dan Khofifah Indar Parawansa dengan 6,1 persen. Hasil yang hampir mirip keluar saat dilakukan simulasi dengan 10 nama terhadap cawapres-cawapres potensial.

Erick Thohir meraih elektabilitas paling tinggi dengan 17,1 persen. Disusul Sandiaga Uno 15,5 persen, Ridwan Kamil 13,5 persen, Mahfud MD 7,8 persen, AHY 7,7 persen, dan Khofifah Indar Parawansa 6,8 persen.

Merespon hal itu Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut gembira hasil survei Poltracking soal calon wakil presiden (Cawapres).

Bahkan, kata Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio), hasil survei itu menjadi motivasi tersendiri bagi partai berlambang matahari.

“Kenaikan elektabilitas Pak Erick Thohir itu menjadi motivasi bagi PAN untuk terus melakukan konsolidasi partai untuk mendorong Erick menjadi cawapres,” kata Eko Patrio, dalam keterangannya (29/4/2023).

Anggota Fraksi PAN DPR itu, menilai Erick merupakan tokoh muda. Erick dinilai mampu masuk dalam segmen pemilih muda.

“Sebagai public figure, saya melihat Erick juga sosok yang mudah nge-blend dengan segala kalangan khususnya anak muda Gen Z,” katanya.

“Sosok ini yang dibutuhkan untuk menyerap aspirasi anak-anak muda yang akan menghadapi bonus demografi 2045 nanti,” imbuh anggota Komisi VI DPR RI ini.

Soal dengan siapa Erick pantas disandingkan, Eko memandang Ketua Umum PSSI itu adalah Ganjar Pranowo yang kini menjabat Gubernur Jawa Tengah.

“Secara lebih spesifik Erick Thohir menjadi sosok tepat mengisi cawapres Ganjar, karena sisi teknokratis dan profesionalisme Erick di bidang ekonomi dengan rekam jejak yang panjang,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here