Home Daerah Provinsi Jawa Barat Alami Lonjakan Kasus Kriminalitas Tinggi

Provinsi Jawa Barat Alami Lonjakan Kasus Kriminalitas Tinggi

36
0

Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu provinsi dengan tingkat kriminalitas tinggi pada tahun 2022.

Jawa Barat menjadi daerah dengan lonjakan tingkat kriminalitas yang tinggi pada tahun 2022 sebesar 69 persen dan menduduki peringkat ke-5 secara nasional.

Hal tersebut disampaikan Asisten Deputi Koordinasi Penanganan Kejahatan Konvensional dan Kejahatan Terhadap Kekayaan Negara, Brigjen Pol. Asep Jenal Ahmadi, di Bandung, (6/4/2023).

Asep mengatakan data-data tersebut berasal dari evaluasi bersama Sops Polri. Menurut Asep, situasi keamanan dan ketertiban di daerah sangat dipengaruhi dinamika kegiatan daerah.

Sementara itu, Tim Analis Bidang PDAKT Bareskrim Polri, Kombes Pol. Ignatius Soeprapto menyampaikan, berdasarkan data tindak pidana tahun 2022 di Bareskrim, Polda Jawa Barat memiliki total tindak pidana sebanyak 26.230 dengan rata-rata tindak pidana 2.186 per bulan.

Dengan catatan angka tersebut dapat disimpulkan Polda Jawa Barat menduduki peringkat ke-5 dari 35 Satuan Kerja.

Sedangkan data tindak pidana tahun 2023, Polda Jawa Barat memiliki 11.301 dengan rata-rata pidana sebanyak 2.825 perbulan. “Data ini kami ambil mulai dari bulan Januari sampai April 2023,” ujar Ignatius.

Ignatius menjelaskan, jenis tindak pidana yang paling sering terjadi pada tahun 2023 di Jawa Barat yaitu pencurian dengan pemberatan (curat). Kemudian, penipuan atau perbuatan curang, curanmor R2, penganiayaan dan pencurian biasa.

“Yang paling menarik adalah penemuan mayat menjadi laporan gangguan yang paling banyak dilaporkan pada tahun 2022, sedangkan di tahun 2023, meminta-minta di jalan umum menjadi pelanggaran terbanyak,” ujar Ignatius.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here