Home Nasional Pemerintah dan DPR Satu Suara Soal RUU Landas Kontinen, Siap Disahkan

Pemerintah dan DPR Satu Suara Soal RUU Landas Kontinen, Siap Disahkan

65
0

Tinggal selangkah lagi Indonesia akan memasuki babak baru dalam mengatur pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan di landas kontinen.

Hal itu terkait dengan disepakatinya RUU Landas Kontinen antara Pemerintah dengan DPR RI beberapa waktu lalu di Jakarta.

Selanjutnya, RUU Landas Kontinen tersebut akan dibawa ke rapat paripurna DPR untuk disahkan menjadi Undang-undang.

Setelah resmi disahkan menjadi UU, regulasi ini akan menjadi kekuatan dasar hukum negara Republik Indonesia dalam melakukan klaim, perundingan, penyelesaian batas wilayah, dan penegakan hukum di landas kontinen.

Dalam kesepakatan tersebut Pemerintah diwakili oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pertahanan, Kementerian Luar Negeri, serta Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia selaku wakil Pemerintah dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang Landas Kontinen.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pimpinan dan Anggota Pansus RUU Landas Kontinen.

Pansus tersebut dinilai telah bekerja keras dan cerdas dalam menyusun, membahas, dan menyepakati pasal demi pasal dalam Rancangan Undang-Undang tentang Landas Kontinen.

Penyusunan Rancangan Undang-Undang tentang Landas Kontinen merupakan penyempurnaan terhadap Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1973 tentang Landas Kontinen Indonesia.

Pasalnya, UU Nomor 1 Tahun 1973 tersebut sudah tidak sesuai dengan perkembangan hukum serta kebutuhan pembangunan nasional.

Selain itu juga belum mengacu pada UNCLOS 1982 yang telah diratifikasi melalui Undang-Undang Nomor 17 Tahun 1985 tentang Pengesahan UNCLOS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here