Home Nasional PAN Ingin KIB Bersama PDIP Dukung Ganjar

PAN Ingin KIB Bersama PDIP Dukung Ganjar

27
0

Setelah PPP mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres, Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, ingin agar Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tetap utuh.

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, malah membuka peluang KIB yang beranggotakan PAN, PPP, dan Partai Golkar nantinya akan ikut mendukung Ganjar Pranowo. Namun demikian, ia juga menegaskan diskusi dalam koalisi Pilpres ini masih sangat cair.

Viva Yoga Mauladi mengatakan Jika ingin tetap utuh maka KIB dapat mendukung Ganjar sekalian.

“Jika tetap ingin bersatu, maka KIB ya mendukung Mas Ganjar,” kata Viva kepada wartawan, Sabtu (29/4/2023).

Viva menjelaskan, PAN dan PDIP punya kesamaan ideologi. PAN juga punya pengalaman bekerja sama dengan PDIP di level daerah. Proses politik masih terus berlanjut sampai September 2023 jelang Pemilu 2024.

“Dari perspektif ideologi partai, PAN dan PDI Perjuangan relatif tidak berbeda, sebagai partai nasionalis kerakyatan, ” ujarnya.

“Hal ini akan semakin memudahkan dalam rencana kerjasama di pilpres. Apalagi kerjasama dengan PDI Perjuangan bukan hal yang baru. Beberapa kali berjuang bersama di pilkada ternyata mencatat keberhasilan,” tutur Viva.

Partai Amanat Nasional berharap Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tidak bubar meskipun Partai Persatuan Pembangunan telah resmi mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) 2024.

Viva menyebut apabila kondisi itu terwujud, maka nantinya komposisi sosok yang akan mendampingi Ganjar sebagai Cawapres akan dibahas secara kekeluargaan dengan prinsip nilai tambah yang untuk meningkatkan elektoral.

“Kita tunggu proses politik selanjutnya. Pendaftaran paslon masih di bulan September 2023. Masih banyak waktu untuk melakukan komunikasi,” ujar Viva.

Saat ini PAN tergabung dalam Koalisi Indonesia Baru bersama Partai Golkar dan PPP. Namun, sampai saat ini koalisi tersebut belum mengumumkan calon presiden yang akan diusung.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan KIB masih tetap solid, meski PPP sudah resmi mengusung Ganjar sebagai capres.

“Kita KIB, selama ini terlihat kita solid, guyub, dan rukun. Seperti mekanisme yang dipahami bahwa KIB tidak akan ikut campur urusan partai masing-masing,” ujar Airlangga beberapa hari lalu.

Sebelumnya, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek mengatakan ada peluang Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bergabung dengan PDI Perjuangan.

PPP menyebut KIB berpotensi menjadi KIB plus dengan syarat capres yang diusung sepakat atas nama Ganjar Pranowo.

“Semalam masih solid KIB, terus kemudian apakah nanti KIB bergabung sekalian dengan PDIP ya peluang itu ada, kalau capresnya sama-sama Pak Ganjar,”ucapnya.

“Kalau jadi bergabung namanya seperti yang disampaikan oleh teman-teman KIB plus plus,” kata Awiek saat dihubungi, Jumat (28/4) kemarin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here