Home Nasional Operasi Ketupat 2023 Libatkan 148.261 Personel Amankan Mudik di Berbagai Daerah

Operasi Ketupat 2023 Libatkan 148.261 Personel Amankan Mudik di Berbagai Daerah

17
0

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar Operasi Ketupat yang resmi dimulai 17 April hingga 1 Mei 2023.

Apel pelaksanaan Operasi Ketupat 2023 digelar di Lapangan Silang Monas, (17/4/2023). Pada apel tersebut Kapolri Listyo Sigit mengatakan Operasi Ketupat kali ini melibatkan 148.261 personel.

Pada kesempatan yang sama Kapolri menjelaskan, apel dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia mulai dari tingkat Mabes Polri hingga Satuan Wilayah Polri, yang menandai dimulainya Operasi Ketupat untuk mengamankan jalur mudik pada pada masa Lebaran.

“Kegiatan operasi kali ini gabungan melibatkan 148.261 personil terdiri dari gabungan TNI-Polri dan stakeholder terkait, seperti Kementerian Perhubungan, Basarnas, BNPB, BMKG, Pertamina, Jasa raharja, Jasa marga, Satpol PP, Ormas, dan mitra lainnya,” ujar Kapolri Listyo Sigit.

Kapolri juga menyampaikan enam amanatnya dalam apel Operasi Ketupat 2023, yaitu:

Pertama, laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam Operasi Ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan, sekaligus ladang amal ibadah bagi kita semua.

Kedua, kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP, agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan “Presisi” sebagaimana harapan masyarakat.

Ketiga, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarana prasarana dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu, sehingga mampu mendukung pelaksanaan tugas secara optimal.

Keempat, berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik, sehingga kita mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan, agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara dan bisa kembali dengan selamat.

Kelima, pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat. Lakukan penguatan komunikasi publik, baik menggunakan media TV-Radio nasional maupun lokal, serta media streaming Polri TV-Radio melibatkan toga, tomas, influencer dan public figure.

Keenam, perkuat sinergisitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023.

Operasi terpusat dengan sandi ketupat 2023 ini akan dilaksanakan selama 14 hari sejak 17 April sampai dengan 1 mei 2023.

Sebanyak 148.261 personel yang bertugas nantinya akan menempati 2.787 pos dengan rincian yaitu 1.857 pos pengamanan, 713 pos pelayanan, dan 217 pos terpadu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here