Home Mancanegara Ingin Jadikan 2023 Tahun Efisiensi, Meta Kembali Lakukan PHK

Ingin Jadikan 2023 Tahun Efisiensi, Meta Kembali Lakukan PHK

21
0

Meta Platforms Inc kembali melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), kali ini terhadap tim teknologi, karena Chief Executive Mark Zuckerberg bergerak lebih jauh merampingkan bisnis dalam upaya menjadikan 2023 sebagai “tahun efisiensi”.

Langkah pemangkasan karyawan dilakukan guna restrukturisasi tim serta efisiensi biaya yang lebih besar.

Melansir Bloomberg News, dari sebuah memo yang didapatkan diketahui manajeman Meta Platforms Inc telah memberitahu para manajer untuk segera mengumumkan PHK.

Akibatnya, anak perusahaan dibawah induk Meta seperti Instagram, Facebook, WhatApp hingga Reality Labs turut berdampak.

Meski tak merinci berapa banyak karyawan yang terkena PHK, akibat restrukturisasi tim serta efisiensi biaya perusahaan akan mengurangi sebanyak 10.000 posisi.

Sebelumnya, pada Maret 2023, CEO Meta Mark Zuckerberg telah memberikan kode PHK kepada karyawannya merujuk pada sebuah postingan dirinya tentang “tahun efisiensi” di akhir bulan April lalu berlanjut grup bisnis Meta pada akhir Mei.

Sebelumnya, pada bulan November 2022, perusahaan Meta telah memberhentikan sekitar 13 persen tenaga kerjanya, atau sekitar 11.000 pekerjaan.

Di lain sisi, perusahaan juga memperpanjang masa perekrutan pegawai baru hingga kuartal pertama, yang ditandai dengan pemotongan karyawan dan biaya oleh bisnis Silicon Valley lainnya

PHK kali ini, meskipun sudah diperkirakan, memicu ekspresi frustrasi dari karyawan Meta.

PHK adalah subjek dari pertanyaan paling populer yang diposting di forum internal perusahaan pada hari Rabu, 19 April 2023, menjelang rapat karyawan yang akan datang.

“Anda telah menghancurkan moral dan kepercayaan diri dalam kepemimpinan banyak orang berkinerja tinggi yang bekerja dengan intensitas. Mengapa kami harus bertahan di Meta?” demikian salah satu tulisan karyawan.

Namun tidak dijelaskan berapa karyawan yang kena PHK kali ini.

Referensi  yang dibuat Zuckerberg tahun lalu mendesak karyawan bekerja dengan lebih banyak “intensitas” untuk memenuhi tantangan bisnis perusahaan induk Facebook dan Instagram.

Putaran pertama PHK Meta pada musim gugur mencapai lebih dari 11.000 karyawan, atau 13% dari tenaga kerjanya pada saat itu, dan mendahului perusahaan teknologi besar lainnya yang memecat ribuan karyawan setelah ledakan yang dipicu pandemi dalam periklanan digital dan komputasi awan.

Dengan restrukturisasi, Meta juga mengesampingkan proyek dengan prioritas lebih rendah dan lapisan manajemen menengah yang “diratakan”.

Investor menyambut baik langkah perusahaan melakukan perampingan.

Saham Meta telah melonjak sekitar 80% tahun ini, mengungguli kenaikan 16% Nasdaq Composite yang padat teknologi pada periode tersebut.

Perusahaan, yang akan mengumumkan hasil kuartal pertamanya pada 26 April, diharapkan mendapat manfaat dari kenaikan sederhana di pasar periklanan digital dan tekanan peraturan pada saingan utama TikTok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here