Home Daerah Gempa Bumi Tektonik M7,3 Guncang Kepulauan Mentawai

Gempa Bumi Tektonik M7,3 Guncang Kepulauan Mentawai

46
0

Gempa bumi tektonik M7,3 terjadi di Pantai Barat Sumatera, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada pukul 03.00 WIB, Selasa, 25 April 2023.

Hasil analisis BMKG gempa bumi ini memiliki episenter di laut pada jarak 177 km barat laut Kepulauan Mentawai Sumatera Barat pada kedalaman 23 km.

Menurut BMKG, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia dengan mekanisme pergerakan naik (thurst fault).

Dampak dari gempa bumi ini juga dirasakan di daerah Siberut, Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam, dan Padang.

Gempa tersebut menurut BMKG berpotensi tsunami dengan daerah yang berpotensi terdampak tsunami berada di daerah Nias Selatan, Pulau Tanabala Sumatera Utara. Namun, pada pukul 05.17 WIB peringatan tsunami berakhir.

Hingga pukul 05.45 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya sepuluh aktivitas gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar M5,0.

Sementara itu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus memantau perkembangan gempa bumi di Mentawai. Pusat Pengendali dan Operasi BNPB terus melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Dilaporkan, BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai terus melakukan monitoring. Hal yang sama juga dilakukan oleh BPBD di masing-masing wilayah yang terdampak, seperti Kabupaten Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam, Nias Selatan, dan Gunung Sitoli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here