Home Nasional Gelar Ratas, Presiden Jokowi Cek Kesiapan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Gelar Ratas, Presiden Jokowi Cek Kesiapan KTT ASEAN di Labuan Bajo

34
0

Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas (ratas) bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, (27/4/2023).

Dalam rapat tersebut, Kepala Negara membahas sejumlah persiapan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN yang akan berlangsung di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 10-11 Mei 2023 mendatang.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya usai mengikuti ratas mengatakan bahwa terdapat delapan pertemuan yang akan diselenggarakan dalam puncak KTT ke-42 ASEAN.

Retno juga menyebut bahwa Presiden Jokowi akan memimpin langsung 7 dari 8 pertemuan tersebut, di antaranya pertemuan dengan parlemen, pemuda, bisnis, hingga Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Terkait substansi, Menlu melaporkan bahwa akan ada delapan pertemuan dalam dua hari penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN pada 10-11 Mei 2023. Dari delapan pertemuan tersebut, lima pertemuan akan digelar di hari pertama, sedangkan tiga pertemuan lainnya digelar di hari kedua.

“Di hari pertama semua pertemuan akan dipimpin oleh Bapak Presiden, sementara di hari kedua, tiga pertemuan, dua diantaranya dipimpin oleh Bapak Presiden, sementara satu pertemuan lainnya secara rotasi saat ini memang akan dipimpin oleh Perdana Menteri Malaysia,” ungkap Retno.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan pengecekan langsung ke tempat penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo. Presiden mengunjungi tempat-tempat yang nantinya akan dihadiri oleh para peserta KTT.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi melakukan pengecakan secara detail. Terkait Bandara Komodo, Menlu melaporkan bahwa saat ini sudah terdapat dua jalur, yaitu jalur internasional dan jalur domestik.

Bahkan, sejumlah fasilitas dan sarana serta prasarana pendukung bandara juga terus dipersiapkan dengan matang guna menyambut kedatangan para delegasi KTT ke-42 ASEAN.

“Jadi persiapan bandara akan terus dilakukan termasuk tanda-tanda untuk penyelenggaraan KTT ASEAN. Jadi sekali lagi pengecekan dilakukan secara detail,” ucap Retno.

Terakhir, terkait kesiapan hotel-hotel yang akan digunakan oleh para kepala negara/kepala pemerintahan ASEAN, Presiden Jokowi menekankan pentingnya kenyamanan bagi para leaders.

Presiden juga ingin agar penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN dimanfaatkan sebagai ajang promosi bagi pariwisata Indonesia, khususnya Labuan Bajo.

“Tentunya ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi promosi Labuan Bajo untuk ASEAN dan tentunya untuk dunia,” ujar Retno.

Menlu pun optimistis keketuaan ASEAN yang dipegang oleh Indonesia dapat berjalan dengan lancar. Ia juga tidak lupa minta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia.

“Jadi bismillah mudah-mudahan gawe besar kita sebagai ketua ASEAN dengan penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN dapat berjalan dengan lancar, mohon doanya,” tutur Retno.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here