Home Opini BUMN dan Redistribusi Kebahagiaan: Sebuah Catatan Pekan Mudik 2023

BUMN dan Redistribusi Kebahagiaan: Sebuah Catatan Pekan Mudik 2023

33
0

“Mudik secara harfiah dimaknai “ke udik”, atau pulang ke udik. Sebuah tradisi besar rakyat Indonesia selama puluhan tahun Indonesia Merdeka.”

Banyak versi sebenarnya kapan pertama kali tradisi mudik dilakukan. Mudik terjadi sebagai sebuah konsekuensi urbanisasi dalam jumlah besar. Yang begitu terlihat dan tercatat fenomena ini disaksikan pada pertengahan 1970. Setidaknya itu yang tercatat oleh seorang Profesor Antropolog UGM, Prof Heddy Shri Ahimsa-Putra.

Mudik dengan segala suka dan dukanya, adalah bagian dari tradisi masyarakat kita yang hampir sulit ditawar. Kita tahu, baik pemerintah nasional hingga pemerintah desa akan senantiasa mempersiapkan keberangkatan maupun kedatangan para pemudik di penghujung Ramadhan.

Pada era-era 1990, di mana Kereta Api Indonesia (KAI) masih begitu berantakan. Bahkan selalu ada catatan kejahatan hingga kematian di area stasiun Gambir atau Senen. Sama juga di saat bus-bus Damri dibanjiri pencopet dan penipu dalam setiap trayek perjalanan. Ditambah lagi saat ruas-ruas tol Jasa Marga belum lagi seluas hari ini.

Pelepasan mudik bersama BUMN langsung oleh Menteri Erick Thohir menjadi simbol kebahagiaan menyambut hari besar Idul Fitri. Selain melakukan kerja-kerja penguatan ekonomi, BUMN juga alat redistribusi kebahagiaan rakyat. Jauh waktu, segala instansi BUMN sudah mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam penyelenggaraan mudik.

Jelas sekali komitmen kuat Menteri Erick Thohir dalam rangka memastikan penyelenggaraan Mudik Tahun 2023 berjalan aman dan nyaman. Terlihat dari persiapan matang moda transportasi darat, laut dan udara. Perbaikan lalu lintas jalan tol serta antisipasi kebutuhan bahan bakar di tengah kepadatan kendaraan. Bahkan hingga kemudahan bertransaksi perbankan selama pekan Mudik 2023.

Semata-mata hal ini dicurahkan Menteri BUMN Erick Thohir, untuk memastikan redistribusi kebahagiaan para pemudik, setelah lebih dua periode tertunda akibat Covid-19. Kita berharap pekan mudik tahun ini bisa terlaksana secara aman dan nyaman. Dan Kementerian BUMN bisa secara memaksimalkan membantu kesuksesan penyelenggaraan Mudik 2023.

Jakarta, 19 April 2023

Abi Rekso / Inisiator Gerakan Transformasi Kerakyatan Indonesia (GERAK INDONESIA)_

 

*_#ErickThohirUntukIndonesia_*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here