Home Nasional Bahas Koalisi Besar, Megawati Akan Jadi Tuan Rumah Fasilitasi Pertemuan Ketum Parpol...

Bahas Koalisi Besar, Megawati Akan Jadi Tuan Rumah Fasilitasi Pertemuan Ketum Parpol KIB dan KKIR

41
0

Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko mengatakan Ketua Umum partainya, Megawati Soekarnoputri akan menjadi tuan rumah pertemuan para ketua umum partai politik terkait Pemilu 2024 dan Pilpres 2024.

“Percayalah..cepat atau lambat, bu Mega (@PDI_Perjuangan) akan jd tuan rumah pertemuan semua atau setidaknya sebagian dr partai2 di atas,” kata Budiman lewat akun Twitter-nya, Senin (3/3).

Budiman Sudjatmiko mengungkapkan jika Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, sudah mengetahui hasil pembahasan terkait rencana koalisi besar yang dibentuk oleh lima partai politik, yakni Partai Gerindra, PKB, PPP, PAN, dan Partai Golkar.

Lebih lanjut dia juga mengatakan, Megawati dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan dengan lima parpol tersebut untuk membahas perihal rencana pembentukan koalisi besar di Pemilu 2024.

Sebab, dia menilai koalisi besar mampu membawa kemenangan pada pesta demokrasi yang akan datang.

“Koalisi besar kalau memang ada pemilu tentu saja memperbesar untuk pemenangan. Tapi harus dibaca platform-nya,” kata Budiman.

“Saya pikir, cepat atau lambat karena Ibu Mega diundang Bu Mega pengin cari tahu dong apa yang dibicarakan, artinya Bu Mega pada posisi andil untuk tahu, karena di undang hanya saja enggak bisa datang”

“cepat atau lambat mencari tahu ke PAN, ngobrol dengan mereka semua ketum parpol misalnya bareng-bareng atau sendiri-sendiri pasti bu Mega pasti akan ngobrol dengan mereka silaturahmi lah,” sambungnya.

Pernyataan Budiman sekaligus merespons ketidakhadiran partainya dalam pertemuan lima partai koalisi dengan Presiden Joko Widodo di Kantor DPP PAN, Minggu (2/4).

“Bu Mega diundang, dan pasti hasilnya sudah dapat hasil-hasilnya sudah saya katakan tadi meskipun belum menyepakati apapun setahu saya di sana pertemuan itu belum menyepakati apapun tapi agenda-agenda dibicarakan dan sudah disampaikan Bu Mega,” ujarnya.

“Dan belum menyepakati apapun yang kongkrit ya. Artinya terbuka dong belum ada yang kongkrit hal formatif, format apanya harus dibicarakan juga tapi ada suatu kesamaan, ditangkap oleh Bu Mega oleh PDIP,” sambung Budiman.

Sehingga, dia mengaku PDI Perjuangan akan melakukan pertemuan dengan lima partai politik untuk membahas rencana koalisi besar di Pemilu 2024.

“Iya pasti, pasti terbuka (untuk bertemu) formatnya akan gimana enggak tahu apakah Bu Mega mengundang atau bagaiman saya enggak tahu nanti kan ditentukan bagaimana situasinya, tapi prinsipnya oke kita (setuju rencana koalisi besar)” imbuhnya.

Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan lima ketua umum partai pendukung pemerintah membuka peluang terbentuknya koalisi besar.

Antara Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas Golkar, PAN, serta PPP dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) Gerindra-PKB, bersatu.

Jokowi menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.

Pertemuan digelar di tengah Silaturahmi Ramadan di Kantor DPP PAN, Minggu (2/4)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here