Home Mancanegara 3 Turis Indonesia Bawa Uang Melebihi Batas di Bandara Milan, Separo Uang...

3 Turis Indonesia Bawa Uang Melebihi Batas di Bandara Milan, Separo Uang Tunai Miliknya Disita Guarda

104
0

Tiga turis Indonesia diketahui Guarda (Polisi Penjaga Keuangan dibawah otoritas Menteri Ekonomi dan keuangan Italia) membawa uang tunai melebihi jumlah yang diperbolehkan ketika mereka mendarat di bandara Malpensa Milan, Italia, Kamis (13/4/2023) waktu setempat.

Kasus ini bukan pertama kalinya, turis asal Indonesia yang kedapatan membawa uang tunai melebihi batas yang telah ditentukan.

Jumlah yang tidak sedikit, uang tunai sebanyak 429.530 euro ditemukan dalam koper mereka. Jumlah ini jauh melebihi batas ketentuan yang hanya 10.000 euro.

Beberapa koran setempat, salah satunya Il Giorno, mengungkap praktik penyelundupan ini.

Setiap orang asing yang membawa uang tunai melebihi 10 ribu euro, jika ingin masuk Italia, harus mendeklarasikan uang tunainya.

Sayangnya, ketiga turis Indonesia itu, tidak melakukannya.

Akibat pelanggaran fiskal ini, separuh dari jumlah tersebut, yakni senilai 199.765 euro disita Guarda di Finanzia Milan.

KBRI Roma membenarkan kejadian tersebut. “Betul, kami juga mendapatkan informasi itu,“ kata Della, salah satu diplomat KBRI Roma menjawab Sindo.

Peristiwa semacam ini bukan pertama kali terjadi di Bandara Malpensa, Milan, Italia. Lima tahun silam, pengacara Hotman Paris juga tertangkap basah membawa uang yang melebihi ketentuan.

Saat itu, istri Hotman Paris tidak bisa menjelaskan adanya uang tunai sebanyak 20 ribu euro di kopernya.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here