Home Feature Tujuh Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Mengendarai Sepeda Motor

Tujuh Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Mengendarai Sepeda Motor

45
0

Keamanan dan keselamatan berkendara khususnya sepeda motor harus menjadi pola pikir yang tertanam di benak setiap pengendara sepeda motor.

Oleh karena itu, perlu diketahui penguasaan teknik berkendara yang aman dan nyaman. Sehingga apabila terjadi insiden bisa diminimalisir potensi terjadinya kecelakaan.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma menjelaskan, beberapa teknik dasar yang harus pengendara sepeda motor kuasai diantaranya adalah postur berkendara, teknik pengereman, teknik menikung, dan teknik keseimbangan.

“Dalam setiap teknik dasar terdapat beberapa langkah berbeda yang harus dilakukan untuk setiap pengoperasiannya.”

“Langkah yang berbeda ini meliputi postur tubuh pengendara yang harus sesuai dengan teknik berkendara yang dilakukan,” ujar Ludhy.

Baca Juga: Winifred Wells: Pengendara Sepeda Motor Perempuan Australia yang Legendaris

Postur berkendara merupakan salah satu teknik dasar yang penting untuk mencakup semua teknik dasar berikutnya karena merupakan pondasi awal setiap pengendara untuk bisa mengendarai motornya dengan nyaman dan aman.

Terdapat tujuh poin yang harus diperhatikan ketika sedang berkendara, yaitu :

Kepala

Kepala merupakan kendali utama saat berkendara menggunakan sepeda motor. Sepeda motor akan bergerak sesuai dengan arah dari penglihatan mata pengendara.

Maka ketika berkendara wajib memastikan bahwa mata dan kepala melihat ke arah yang akan dituju.

Ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi bahaya yang muncul agar bisa mengambil keputusan yang tepat saat berkendara.

Ketika menikung pengendara harus melihat arah yang akan dituju, baik saat belok kanan atau belok kiri.

Kepala pengendara juga harus mengikuti arah dari belokan tersebut dan melihat ke ujung paling jauh dari belokan tersebut.

Baca Juga: Kenali Ciri Asuransi Jiwa yang Baik agar Tidak Salah Pilih

Bahu

Posisi bahu pengendara diharuskan senyaman mungkin dan dalam posisi yang rileks.

Apabila bahu berada dalam posisi yang tegang, pengendara akan merasakan pegal dan lelah jika berkendara dengan waktu yang cukup lama.

Siku Tangan

Pastikan posisi siku tangan sedikit menekuk untuk memudahkan dalam pengendalian sepeda motor.

Apabila siku tangan dalam keadaan lurus maka akan sulit untuk mengendalikan sepeda motor dan saat menjumpai jalanan bergelombang atau tidak rata.

Tangan

Tangan harus selalu berada dalam posisi menggenggam penuh handle setang motor.

Jangan ada satu jari yang standby di tuas rem ataupun tuas kopling. Jika tidak digunakan jari tetap mengepal penuh di handle stang kiri dan kanan.

Baca Juga: Helm, Si Pelindung Kepala yang Kerap Disepelekan

Pinggul

Pastikan pinggul dibuat senyaman mungkin dan posisinya berada di tengah jok. Jangan terlalu maju ataupun terlalu mundur, penempatan pinggul bisa disesuaikan dengan postur tubuh setiap pengendara.

Lutut

Apabila menggunakan motor sport bertangki bensin di depan, pengendara harus selalu menjaga lutut untuk mengapit tangki agar menjadi tumpuan beban saat berkendara.

Jika menggunakan motor tipe matik, pengendara harus memastikan lutut tidak melebihi lebar dari cover body motor, agar terhindar dari terserempet pengendara lain.

Kaki

Khusus tipe motor sport, kaki kanan harus selalu bersiap di atas pedal rem belakang dan kaki kiri selalu berada di atas perseneling gigi.

Tujuannya adalah agar kita selalu bersiap dalam pengoperasian dan tidak tersangkut oleh footstep dan tuas rem atau tuas perseneling ketika terjatuh.

Apabila dalam posisi yang tepat pengendara akan terlepas dari motor dan tidak tertarik saat motor terjatuh.

Baca Juga: Kebangkitan Keris Bali: Kolaborasi Apik Seniman Video dan Royal Enfield

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here