Home Nasional Presiden Jokowi Ungkap Penyampaian SPT Wajib Pajak Alami Kenaikan

Presiden Jokowi Ungkap Penyampaian SPT Wajib Pajak Alami Kenaikan

33
0

Di tengah sorotan soal kelakuan oknum pejabat Dirjen Pajak (DJP) Kementerian Keuangan yang kontroversial, namun semangat untuk memenuhi kewajiban membayar pajak tetap antusias.

Hal itu disampaikan sendiri oleh Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surakarta, Kota Surakarta, Jawa Tengah, (09/03/2023).

Kunjungan tersebut untuk mengecek secara langsung kegiatan penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) tahun 2022 oleh masyarakat.

“Saya kaget, yang antre masih banyak, padahal kan kita bisa e-Filing dari rumah, online dari rumah,” kata Presiden.

“Ternyata memang WP (wajib pajak) ingin memastikan yang diisi itu betul, kadang-kadang kurang yakin kemudian ke sini ditanyakan baru dibayar,” ucap Presiden Jokowi dalam keterangannya usai peninjauan.

Baca Juga: Ketika Birokrat Pamer Kekayaan dan Gaya Hidup Hedon yang Melukai Rakyat

Presiden Jokowi menyebutkan, hingga tanggal 9 Maret 2023, sebanyak 6,6 juta wajib pajak telah menyampaikan SPT.

Menurut Kepala Negara angka tersebut meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 5,4 juta dalam periode waktu yang sama.

“Lalu ini sudah 6,6 (juta), artinya ada kenaikan masyarakat yang menyampaikan SPT lebih awal, masyarakat semangat semuanya untuk menyampaikan SPT, ini yang saya senang,” tandasnya.

Kepala Negara mengimbau kepada seluruh wajib pajak agar dapat segera menyampaikan SPT hingga tanggal 31 Maret 2023.

Presiden Jokowi menyebut bahwa penerimaan negara dari pajak nantinya akan digunakan untuk mendorong pembangunan tanah air.

Baca Juga: Peran Strategis Erick Thohir di Balik Sukses 1 Abad NU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here