Home Nasional Presiden Jokowi Resmikan Tambak Budidaya Udang Seluas 60 Hektar di Kebumen

Presiden Jokowi Resmikan Tambak Budidaya Udang Seluas 60 Hektar di Kebumen

59
0

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tambak budidaya udang berbasis kawasan di Desa Plesung, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, (9/3/2023).

Presiden mengharapkan dari tambak seluas 60 hektare tersebut dapat dihasilkan udang sebanyak 40 ton dari setiap hektarenya.

“Di tambak udang berbasis kawasan ini telah diselesaikan ini kurang lebih 60 hektare yang akan menghasilkan udang satu hektarenya kurang lebih kita harapkan di atas 40 ton dan kawasan budidaya udang ini menghabiskan anggaran Rp175 miliar,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Baca Juga: 9 Negara Maju yang Terapkan Jam Sekolah di Atas Pukul 7 Pagi

“Kita harapkan ini menjadi sebuah contoh yang baik bagi budidaya udang vaname yang memerlukan kebersihan air, yang memerlukan betul-betul manajemen yang detail, dan kita harapkan ini menjadi contoh bagi kita semuanya,” ungkapnya.

Presiden juga menambahkan akan dibangun tambak udang serupa di Waingapu, Nusa Tengggara Timur (NTT). Menurutnya, saat ini desain dan perencanaan tambak udang di kawasan tersebut sudah selesai.

“Sebentar lagi kita akan mulai lagi 1.800 hektare di Waingapu di NTT. Itu akan menjadi sebuah kawasan yang terintegrasi, ada tambak udangnya, ada industri pakannya, ada industri untuk turunan dari udang-udang yang dipanen,” jelasnya.

Presiden Jokowi menilai bahwa tambak udang memiliki potensi keuntungan yang tinggi. Dengan produktivitas yang mencapai 40 ton per hektare, diyakini tingkat pengembalian investasinya (IRR) bisa didapat dengan cepat.

Baca Juga: Bedah Buku Antologi Musik Indonesia Kolaborasi Aksan Sjuman dan Pelukis Raul Renanda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here