Home Feature Mengintip Pusat Pelatihan Safety Riding Terbesar di Asia Tenggara

Mengintip Pusat Pelatihan Safety Riding Terbesar di Asia Tenggara

63
0

Astra Honda Motor Safety Riding Park (AHMSRP) merupakan salah satu pusat pelatihan safety riding terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Pusat pelatihan ini dibangun dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat terkait pemahaman keselamatan di jalan raya dan keterampilan berkendara.

Perjalanan untuk mewujudkan sebuah pusat pelatihan safety riding ini membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Bermula pada tahun 2002 di mana AHM mengirimkan 3 instruktur safety riding terbaiknya untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan safety riding di Jepang.

Usai berguru ke Jepang, ketiga instruktur tersebut mendapatkan tugas untuk melatih instruktur baru di dealer utama di daerah.

Pelatihan tersebut kemudian berlanjut ke dealer-dealer dengan melakukan pelatihan safety riding advisor di dealer.

Tahun 2006 dibangun safety riding center pertama di Serang, Banten. Tahun 2007 AHM menggelar Honda Riding Trainer di 1000 dealer Honda.

Di tahun 2007 itu juga dilakukan kompetisi pertama bagi para instruktur safety riding.

Memasuki tahun 2010 hingga 2019 AHM membuka safety riding center di beberapa daerah seperti Jambi, Tangerang, Yogyakarta, Surabaya, Riau, Medan, dan Bandung.

Tahun 2020 AHM resmi membuka AHM Safety Riding & Training Center di Greenland International Industial Center (GIIC) Kota Deltamas, Bekasi, Jawa Barat.

Pusat pelatihan ini dibangun di atas lahan seluas 8,5 hektar serta mampu menampung 15.000 orang untuk berlatih berkendara setiap tahun dengan berbagai sarana dan fasilitas edukasi secara lengkap.

Bangunan ini memiliki fasilitas fungsional seperti ruang multi fungsi, ruang kelas, ruang ujian, ruang simulator, asrama, sarana olahraga serta ruangan penunjang lainnya.

Selain fasilitas bangunan, pusat pelatihan berkendara ini dilengkapi dengan safety riding course yang dibekali dengan karakter kontur jalan yang beragam.

Kontur jalan tersebut disesuaikan dengan kondisi jalan di Indonesia, baik kondisi jalan aspal maupun kondisi jalan off-road. Area ini berdiri di atas lahan seluas 4 hektar.

Area ini digunakan untuk pelatihan berkendara sepeda motor yang aman, seperti teknik pengereman dan teknik keseimbangan.

Termasuk juga teknik menikung, teknik melewati jalanan bergelombang, menanjak dan menurun serta teknik memprediksi bahaya.

AHMSRP juga dilengkapi Kids Traffic Park yang dapat menampung pelatihan terhadap 2.000 anak setiap tahun.

Melalui edukasi usia dini, anak-anak diajarkan untuk mengenal rambu-rambu lalu lintas, cara menyeberang jalan yang aman menggunakan jalur penyeberangan.

Serta cara berinteraksi dengan pengguna jalan lain dengan berbagai alat peraga yang tersedia.

[rl_gallery id=”1970″]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here