Home Daerah Manfaatkan Cuti Bersama, Arus Lalu Lintas Tol Luar Kota Alami Peningkatan

Manfaatkan Cuti Bersama, Arus Lalu Lintas Tol Luar Kota Alami Peningkatan

24
0

Cuti bersama Hari Raya Nyepi tahun ini diperkirakan akan dimanfaatkan masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk ke luar kota.

PT Jasa Marga memprediksi sebanyak 899.098 kendaraan akan meninggalkan wilayah Jabodebek pada liburan Hari Raya Nyepi tahun ini.

Prediksinya tersebut didasarkan atas hitungan lalu lintas mulai Selasa 21 Maret 2023 hingga Minggu 26 Maret 2023.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung).

Total volume lalu lintas kendaraan yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini diperkirakan naik 9,39% jika dibandingkan waktu normal.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan dalam mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas selama periode libur Hari Raya Nyepi Tahun 2023 pihaknya telah melakukan antisipasi.

Jasa Marga memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol Jasa Marga Group berjalan dengan optimal, terutama di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi tujuan favorit masyarakat.

“Selain memastikan 100% keberfungsian peralatan tol di gardu, kami juga menambah jumlah petugas dan mobile reader untuk menambah kapasitas transaksi di GT Utama,” kata Lisye dalam keterangan resminya, (22/3/2023).

“Tidak hanya di gerbang tol, potensi kepadatan di lajur jalan tol juga kami antisipasi, di antaranya dengan menempatkan petugas dan kendaraan di titik-titik rawan kepadatan untuk mempercepat penanganan gangguan kendaraan di lajur serta mengatur lalu lintas dengan lebih cepat lagi,” ujarnya.

Dijelaskan Lisye, untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 388.729 kendaraan menuju arah Timur dengan mayoritas kendaraan menuju arah Bandung, 297.329 kendaraan menuju arah Barat, dan 213.039 kendaraan menuju arah Selatan.

Untuk arah timur menuju Trans Jawa dan Bandung, lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 172.514 kendaraan, meningkat sebesar 12,29% dari lalin normal.

Sementara lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 216.215 kendaraan, meningkat sebesar 13,26% dari lalin normal.

Total arus lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut adalah sebanyak 388.729 kendaraan, meningkat sebesar 12,83% dari lalin normal.

Sedangkan untuk arah barat menuju Merak, lalin meninggalkan Jabotabek menuju arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 297.329 kendaraan, meningkat 6,70% dari lalin normal.

Sementara untuk arah selatan menuju Puncak, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 213.039 kendaraan, meningkat sebesar 7,23% dari lalin normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here