Home Daerah Diresmikan Jokowi SPAM Banjarbakula Mampu Suplai Air untuk Lima Kabupaten/Kota

Diresmikan Jokowi SPAM Banjarbakula Mampu Suplai Air untuk Lima Kabupaten/Kota

25
0

Masyarakat Kota Banjarbaru dan sekitarnya kini dapat menikmati suplai air minum untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal itu berkat diresmikannya fasilitas Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Banjarbakula di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan oleh Presiden Jokowi, Jumat, (17/3/2023).

Disampaikan oleh Presiden Jokowi, fasilitas SPAM Banjarkula tersebut dapat menyuplai air minum hingga 60 ribu sambungan rumah (SR).

“SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) yang kita bangun di sini untuk tahapan yang kedua,” ungkap Jokowi.

“(Ini) menghabiskan anggaran Rp787 miliar, banyak sekali. Dan ini bisa menyuplai 60 ribu rumah tangga yang memerlukan air minum,” tambahnya.

Keberadaan fasilitas SPAM Banjarbakula ini diklaim mampu menyediakan air untuk lima kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan.

Sumber air SPAM tersebut berasal dari Sungai Riam Kanan di Kabupaten Banjar yang kemudian diolah dan disuplai.

SPAM Banjarbakula ini dapat menyuplai air minum untuk masyarakat Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Tanah Laut.

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya, Diana Kusumastuti dalam keterangan terpisah menyampaikan bahwa nantinya akan terdapat tambahan sekitar 14 ribu sambungan rumah yang disuplai oleh SPAM Banjarbakula.

“Saat ini kita sudah bisa sambungan rumah yang sudah tersambung itu 60.353 sambungan rumah, jadi masih ada sisa,” ujar Diana.

“Kalau diperhitungkan itu masih ada 14 ribu (SR) kekurangannya. 14 ribu itu nanti akan direncanakan masuk ke wilayah belakang bandara dan di Tanah Laut,” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here