Home Mancanegara Bahas Timnas Israel U-20 di RI? Jokowi Undang Dubes Palestina

Bahas Timnas Israel U-20 di RI? Jokowi Undang Dubes Palestina

13
0

Polemik rencana tim nasional Israel U-20 yang akan datang menjadi salah satu peserta Piala Dunia U-20 di Indonesia menjadi viral mendapat penolakan dari beberapa gelintir orang karena kepentingan sehingga dipolitisasi.

Situasi seperti itu tentu sangat tidak menguntungkan bagi hubungan diplomatik Indonesia dengan dunia Internasional lainnya selain dikucilkan tentu juga masuk daftar hitam.

Selain itu tidak sesuai dengan azas politik Indonesia yang menganut pergaulan dunia yang bebas aktif.

Sungguh aneh melihat kondisi tersebut, ketika dunia olahraga yang semestinya tidak ada hubungannya bahkan menyeret arus hingga masuk ke ranah politik dan menjadi santapan bahkan bulan-bulanan tekanan aroma politis yang sangat kuat.

Terkait hal itu Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun memenuhi undangan Presiden Joko Widodo Jumat (24/3) pagi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Kehadiran Al-Shun setelah memenuhi undangan Presiden Jokowi, di tengah polemik rencana tim nasional Israel untuk bertanding di ajang Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Dubes Al-Shun mengatakan pertemuannya dengan Jokowi bukan untuk membahas kedatangan timnas Israel U-20.

“Tidak,” jawabnya singkat kepada awak media, usai menemui Presiden Jokowi.

“Kami datang pagi ini untuk mengucapkan (kepada Indonesia) selamat atas bulan Ramadan, untuk Presiden Joko Widodo dan untuk semua orang Indonesia,” imbuh Al-Shun.

Al-Shun mengungkapkan pada pertemuan itu, dia menerima pesan baik dari Presiden Jokowi mengenai situasi politik di Palestina yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah Indonesia.

Ia menegaskan hubungan bilateral Indonesia dan Palestina selalu berkembang dengan baik hingga saat ini.

Al-Shun mengatakan, “Indonesia selalu ada dalam sanubari kami”.

“Kebijakan Indonesia selalu memberikan dukungan penuh kepada Palestina sehingga hubungan bilateral antara kami (Palestina) dan Indonesia tentu akan selalu berkembang lebih baik dan semakin baik,” imbuhnya.

Timnas Israel akan ikut bertanding dalam Piala Dunia U-20, di mana Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah. Piala Dunia U-20 sendiri akan digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Ketika ditanyai pendapat tentang kedatangan timnas Israel, Dubes Palestina sebelumnya menyatakan bahwa FIFA punya aturan sendiri sehingga pihaknya tak punya kapasitas untuk ikut campur.

Dia menggarisbawahi gelaran U-20 untuk tidak dikaitkan dengan konflik politik.

“Kita tahu bahwa masing-masing federasi olahraga ini memiliki aturan sendiri termasuk FIFA. Dalam kaitan ini Indonesia telah berhasil memenangkan bidding sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20,” kata Al Shun.

“Saya yakin Palestina juga tetap ada di hati rakyat Indonesia, pemerintah, dan negara Indonesia. Palestina juga akan hadir dalam event yang akan dilaksanakan di Indonesia ini,” ujar dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here