Home Mancanegara Anjungan Rumah Lamin Indonesia Raih Penghargaan di Hong Kong Flower Show 2023

Anjungan Rumah Lamin Indonesia Raih Penghargaan di Hong Kong Flower Show 2023

25
0

Pada gelaran The Hong Kong Flower Show 2023 anjungan Rumah Lamin dari Kalimantan Timur mendapatkan penghargaan kategori Merit Award for Unique Feature 2023.

Menurut Ricky Suhendar, Konsul Jenderal RI di Hong Kong, promosi pariwisata dan budaya Indonesia di Hong Kong terus didorong melalui partisipasi berbagai event bergengsi di Hong Kong.

“Tema Rumah Lamin dipilih selaras dengan rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke wilayah Kalimantan Timur,” tambah Ricky.

Dengan mengusung konsep smart city dan green city, Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi wajah baru dan penggerak perekonomian di masa depan Indonesia.

Rumah Lamin dari Kalimantan Timur diperkenalkan kepada masyarakat Hong Kong pada The Hong Kong Flower Show 2023, 10-19 Maret 2023 di Victoria Park.

Replika rumah kayu yang di daerah asalnya bisa mencapai panjang 300 meter ini dihias dengan warna-warni dan asesoris khas Dayak.

Dipadukan dengan berbagai rona bunga tema hydrangea dan beberapa jenis bunga lainnya, Rumah Lamin yang eksotis makin memancarkan keanggunannya.

Salah satu ciri khas Rumah Lamin adalah hiasan gapura berwarna kekuningan yang mencolok.

Keberhasilan rumah-rumah adat berbagai wilayah di Indonesia menyabet juara ini menunjukkan ketertarikan warga Hong Kong akan budaya Indonesia.

Ini merupakan modal kuat dalam promosi pariwisata Indonesia di Hong Kong.

Selain Rumah Lamin yang meriah, sebelas grup seni budaya yang anggotanya adalah pekerja migran Indonesia (PMI), dijadwalkan akan tampil di panggung utama.

Para PMI tersebut akan mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat lokal di panggung utama, Minggu 19 Maret 2023.​

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno juga berkesempatan mengunjungi anjungan Rumah Lamin di event tersebut.

Sandiaga berpesan agar terus menyampaikan semangat promosi Wonderful Indonesia secara komprehensif, mulai dari pariwisata, seni, budaya hingga menghidupkan sektor UMKM dan ekonomi kreatif setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here