Home Mancanegara 9 Negara Maju yang Terapkan Jam Sekolah di atas Pukul 7 Pagi

9 Negara Maju yang Terapkan Jam Sekolah di atas Pukul 7 Pagi

72
0

Dunia pendidikan di Indonesia baru saja dihebohkan atas adanya aturan masuk sekolah jam 05.00 pagi bagi sejumlah sekolah menengah atas di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Gubernur NTT Viktor Laiskodat yang mengeluarkan instruksi agar siswa memulai proses belajar lebih pagi beranggapan kebijakan tersebut untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Viktor meminta siswa sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat masuk pukul 05.00 WITA. Aturan masuk sekolah itu kini direvisi menjadi pukul 05.30 WITA

Meski begitu, kebijakan ini masih tetap menjadi bahan kritikan dari berbagai pihak, salah satunya Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G).

Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim menilai kebijakan itu tak berbasis akademis dan sangat tak ramah anak, orang tua, serta guru.

Baca juga: Demonstrasi Besar-besaran, Puluhan Ribu Guru Portugal Turun ke Jalan Protes Biaya Hidup

Apakah jam pelajaran di negara-negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia dimulai sebelum jam 6 pagi?

Jika dibandingkan, sebagian besar negara maju justru menetapkan jam masuk sekolah lebih siang bahkan di atas pukul 07.00 pagi. Berikut ini beberapa negara dengan predikat sistem pendidikan terbaik yang menetapkan jam sekolah di atas pukul 07.00 pagi.

1. Swedia

Mengutip berbagai sumber, Swedia saat ini menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Swedia sendiri menetapkan aturan waktu masuk sekolah sekitar pukul 08.00 pagi dan waktu pulang sekitar pukul 15.00 sore.

Negara berpenduduk 10 juta lebih itu menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan sistem pendidikan publik yang dikembangkan dengan baik di dunia, menurut survei yang dilakukan US News. Swedia memiliki skor 100 untuk kategori ini.

 

Survei ini dilakukan pada 30 April hingga 13 Juli 2022 kepada lebih 17 ribu responden di 85 negara.

Berdasarkan situs pemerintah, Swedia mewajibkan anak-anak mengenyam pendidikan wajib 10 tahun sejak mereka pertama sekolah pada usia 6 tahun. Mereka juga ditawari bimbingan belajar di luar sekolah sebelum dan sesudah kegiatan belajar mengajar di sekolah.

2. Jerman

Jerman biasanya memulai kegiatan belajar mengajar sejak pukul 07.30 dan 08.15 pagi. Para siswa lantas diperbolehkan pulang sekitar pukul 12.00 dan 13.30 siang.

Jerman berada di urutan kedua sebagai negara dengan sistem pendidikan publik yang dikembangkan dengan baik di dunia menurut survei US News. Jerman meraih nilai 93 untuk ini.

Mengutip situs Eurydice, pendidikan di Jerman dibagi menjadi beberapa tahap, salah satunya wajib belajar yang dimulai sejak usia enam tahun selama sembilan tahun ke depan.

3. Inggris

Inggris biasanya memulai sekolah pada pukul 08.00 hingga 09.00 pagi. Para siswa boleh pulang pada sekitar pukul 15.00 hingga 16.00 sore.

Sistem pendidikan Inggris berada di posisi ketujuh dalam survei US News. Inggris memperoleh skor 85,6 dalam kategori ini.

Mengutip situs pemerintah Inggris, biasanya anak-anak di Inggris akan memulai menduduki bangku sekolah di usia lima tahun.

4. Finlandia

Finlandia juga merupakan negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia. Negara Baltik ini pernah memuncaki peringkat pertama negara dengan sistem pendidikan terbaik dan siswa paling bahagia di dunia.

Biasanya, sekolah-sekolah di Finlandia mulai sekitar 08.15 dan berakhir pada pukul 14.25 dengan satu jam istirahat makan siang dan istirahat 15 menit setiap pergantian kelas. Dikutip World Economic Forum, salah satu alasan Finlandia menetapkan jam sekolah lebih siang adalah demi mengurangi tekanan dan stress pada anak-anak.

Selain itu, Finlandia juga tidak memberikan pekerjaan rumah atau PR kepada para siswa. Sistem sekolah di Finlandia juga tidak menerapkan tes atau ujian dadakan yang banyak diterapkan negara lain.

5. Belanda

Mengutip berbagai sumber, Belanda biasanya memulai sekolah pada pukul 08.30 pagi dan selesai pada pukul 15.00 sore.

Belanda merupakan negara kedelapan yang punya sistem pendidikan baik di dunia menurut survei US News. Belanda meraih skor 83,8 untuk ini.

Berdasarkan situs resmi pemerintah, para siswa di Belanda diwajibkan sekolah sejak usia lima tahun dan dengan kurun waktu delapan tahun.

6. Jepang

Para siswa di Jepang umumnya mulai masuk sekolah sekitar pukul 08.15 pagi. Mereka akan mengikuti enam periode kelas hingga pukul 15.30. Masing-masing periode kelas itu memiliki durasi selama 50 menit.

Jepang menduduki peringkat ke-10 sebagai negara dengan sistem pendidikan publik yang dikembangkan dengan baik di dunia menurut US News. Negara ini mencapai skor 80.

Mengutip situs resmi pemerintah Jepang, peserta didik di negara itu dikenakan wajib belajar selama sembilan tahun.

7. Prancis

Menurut berbagai sumber, siswa di Prancis biasanya mulai belajar pada pukul 08.30 hingga pukul 16.30 sore.

Prancis adalah negara ke-12 yang punya sistem pendidikan terbaik menurut survei US News. Prancis meraih skor 74,8.

Para siswa di Prancis diwajibkan sekolah sejak berusia tiga hingga 16 tahun.

8. Amerika Serikat

Berdasarkan situs Biro Statistik Tenaga Kerja AS, sekolah di AS umumnya dimulai pukul 08.00 pagi untuk SMP dan 08.30 untuk SMA.

Sekolah lalu menyelesaikan kegiatan belajar mengajar pada sekitar pukul 15.00 sore.

Amerika Serikat berada di posisi ke-14 sebagai negara dengan sistem pendidikan yang baik. AS meraih skor 66,4.

Wajib sekolah di AS dimulai sejak usia lima hingga 18 tahun, mengutip situs resmi pemerintah.

9. Korea Selatan

Sekolah di Korsel biasanya dimulai sejak pukul 08.00 pagi dan berakhir sekitar pukul 13.00 siang untuk SD. Sementara untuk SMP dan SMA dimulai sejak pukul 08.00 hingga sekitar pukul 16.30 sore, menurut berbagai sumber.

Korea Selatan juga menjadi salah satu negara yang punya sistem pendidikan yang baik. Negara itu menduduki posisi ke-17 menurut survei US News dan meraih skor 54,8.

Wajib belajar di Korsel adalah sembilan tahun. Saat siswa memasuki usia sekolah menengah ke atas, mereka akan diarahkan untuk memilih pendidikan yang sesuai dengan jenjang karier.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here