Terkait putusan Onslag yang dijatuhkan terhadap Henry Surya dalam kasus KSP Indosurya Cipta, Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan pernyataan resminya.

Dalam kegiatan bedah kasus KSP Indosurya Cipta yang digelar di Gedung Kemenko Polhukam, (7/3/2023), Mahfud MD menyatakan memberikan dukungan kepada Kejaksaan Agung untuk melakukan kasasi.

Menurut Mahfud, berdasarkan hasil bedah kasus Indosurya Cipta tersebut, seluruh ahli pidana, perdata, dan kepailitan menyatakan bahwa putusan Onslag Herry Surya tidak tepat.

“Putusan Onslag terhadap Henry Surya tidak tepat dan semakin memperkuat alasan kasasi yang telah diajukan oleh Kejaksaan Agung,” jelas Menko Polhukam.

Baca Juga: NMAA Asosiasi Modifikasi Terbesar di Indonesia Siap Mendunia

“Kita akan bedah putusan hakim kalimat per kalimat. Kita tidak boleh kalah dengan kejahatan, negara harus hadir,” tegas Mahfud MD.

Baca Juga  Mahfud MD: Permasalahan Hukum di Indonesia Terjadi Ditengah Banyaknya Sarjana Hukum

Mahfud menjelaskan kementerian yang dipimpinnya bersama Jampidum dan Bareskrim Polri akan melakukan upaya hukum maksimal untuk melawan putusan Onslag dari PN Jakarta Barat dalam perkasa Indosurya.

Dijelaskan, Henry Surya telah menghimpun dana dari 23 ribu masyarakat dan selanjutnya melakukan beberapa tindakan hukum menyalahgunakan dana tersebut sehingga mengalami kerugian Rp106 triliun dan USD7 juta. Hal itu merupakan perbuatan pidana.

Pemerintah, menurut Mahfud, saat ini sedang mempersiapkan perubahan regulasi yang mengatur tentang perkoperasian guna mewujudkan tata kelola koperasi yang baik bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegas Dukung KPU untuk Banding Putusan PN Jakarta Pusat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here